Kembaran BMW Z4, Toyota Supra Hadir di RI Semester Dua

Kembaran BMW Z4, Toyota Supra Hadir di RI Semester Dua
Akhirnya Toyota resmi meluncurkan mobil sport ikonik, Supra 2020, di Detroit Auto Show 2019. dok. Motor1.com

Jakarta, Motoris – Mobil sport Toyota – yang juga saudara kembar dari BMW Z4 – yakni Toyota Supra versi anyar diperkirakan hadir di Indonesia pada semester kedua tahun ini. Namun, kapan tepatnya, sampai kini masih belum bisa dipastikan karena berbagai alasan.

“Yang pasti, bocorannya, semester dua (tahun ini),” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy di sela acara buka puasa bersama di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Ada sejumlah alasan mengapa Toyota Indonesia belum bisa memastikan waktu peluncuran mobil bermesin 3.0 liter 6 silinder segaris itu. Pertama, bisa saja karena perizinan yang berubah.

Kedua, faktor moment yang belum tepat terkait dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Maklum, mobil ini ddimpor dari Toyota di Eropa dimana mobil tersebut dikembangkan.

Tamplan belakang Toyota Supra – dok.Istimewa

Dan yang ketiga, menunggu aba-aba distribusi dari Eropa yang tentu saja berada di luar kewenangan Toyota Indonesia. Maklum, mobil ini hanya dibuat dalam jumlah terbatas yakni 900 unit saja.

“Karena itulah,kami enggak berani ngomong soal waktu peluncuran secara detil,” kata Anton.

Sebelumnya beredar kabar Toyota Supra ini bakal diluncurkan oleh Toyota Indonesia di gelaran Gaikindo Indonesia International uto Show (GIIAS) 2019, Agustus nanti. Maklum, sejak beberapa waktu lalu, situs resmi Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta sudah mencantumkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Supra yang sebesar Rp 1,492 miliar.

Pasar menjanjikan

Soal potensi pasar, Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto menyebut cukup menjanjikan. Nama besar Tpyota Supra yang melegenda berikut berbagai kecanggihannya menjadi magnet dari mobil itu.

Terlebih, banyak orang berduit di Tanah Air yang memiliki kegemaran dan selera tinggi terhadap produktif otomotif eksotik nan langka. Termasuk seperti Toyota Supra.

“Meski, ini nantinya dijual dengan sistem by order. Artinya, berdasar pesanan. Tetapi kami optimis kalau melihat potensi pasarnya yang besar,” ucap Soerjo saat ditemui di tempat yang sama.

Toyota Supra versi anyar sudah dipasarkan di Thailand – dok. Autoindustriya

Toyota resmi meluncurkan generasi kelima mobil sport Supra 2020 di ajang Detroit Auto Show 2019, Senin (14/1/2019). Butuh 12 tahun bagi Toyota untuk akhirnya melepas All New Supra, setelah petunjuk pertama diperkenalkan melalui konsep FT-HS pada 2007 lalu.

Toyota Supra berkode A90 ini merupakan generasi kelima setelah model ikonik MK4 yang dipasarkan pada 1994.

Sementara itu, meski dibanderol Rp 1,459 miliar off the road, kembaran Toyota Supra yakni  All New BMW Z4 roadster terjual habis di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Di pameran otomotif tahunan yang berlangsung 25 April – 5 Mei itu, sedan dua pintu atau coupe ini hanya ditawarkan 10 unit dan langsung habis.

Padahal, BMW Indonesia hanya dijatah 20 unit oleh BMW AG. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This