Toyota Rush Cengkeram 61,8% Pasar Low SUV

Toyota Rush Cengkeram 61,8% Pasar Low SUV
Toyota All New Rush - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Di tengah lesunya pasar otomotif nasional, penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM) varian Sport Utility Vehicle (SUV) sepanjang Januari-April lalu naik 22,4% dibanding rentang waktu yang sama tahun 2018. Tren pasar SUV ini sejalan dengan tren dunia.

“Total penjualan SUV di periode ini mencapai 26.105 unit. Ini naik 22,4% dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 21.327 unit,” tutur Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Jika dirinci, low SUV Toyota Rush menjadi penyumbang penjuaan terbanyak. Di empat bulan pertama tersebut, Rush terjual 20.010 unit.

“Penjualan Rush sepanjang Januari-April ini naik sekitar 35% dari tahun lalu (yang sebanyak 14.944 unit,” ucap Anton.

Paralel dengan kenaikan penjualan tersebut, pangsa pasar yang direbut Rush pun semakin banyak, yakni naik dari 40,6% menjadi 61,8%. “Rush masih menjadi market leader di segmennya (low SUV). Model yang relatif baru, tampilan baru dan fitur yang semakin lengkap enjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen,” ujar Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto di tempat yang sama.

All New Rush – dok.Toyota Astra Motor

Menurut Soerjo, saat ini pasar SUV semakin tumbuh. Minat masyarakat terhadap mobil sport serbaguna itu meningkat, bukan lagi karena semata-mata pertimbangan banyak SUV yang menyuguhkan tujuh kursi penumpang saja, tetapi juga faktor gaya hidup.

Tren seperti itu, lanjut Soerjo juga tengah terjadi di berbagai belahan dunia. Ingin tampil dengan mobil yang berpenampilan gagah, fitur yang lebih, itu menjadi pertimbangan.

“SUV umumnya menjadi mobil kedua atau menjadi mobil pilihan kelompok masyarakat yang meningkat dari mobil keluarga (MPV) atau mobil kecil (city car). Makanya, di pasar itu ada low SUV, medium SUV dan seterusnya,” kata Soerjo.

Tumbuhnya minat terhadap low SUV ini juga bisa dilihat dari pemesanan Toyota Rush dan di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Selama 25 April – 5 Mei lalu, Rush terpesan 821 unit atau naik 8,2% dibanding IIMS 2018.(Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This