Tak Cuma di Lokal, Fortuner Juga Jadi “Lokomotif” Ekspor

Tak Cuma di Lokal, Fortuner Juga Jadi “Lokomotif” Ekspor
Toyota Fortuner disuguhkan PT Toyota Astra Motor di hajatan IIMS 2019 yang berlangsung 25 April - 5 Mei 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Varian Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Fortuner tak hanya menjadi andalan penjualan di dalam negeri, tetapi juga menjadi mobil yang paling banyak di ekspor Toyota Indonesia. Sepanjang Januari – Maret lalu, SUV ini diekspr sebanyak 11.165 unit.

“Jumlah sebanyak ini mewakili 24% dari total ekspor selama periode itu ke kawasan GCC (Gulf Cooperation Council yang terdiri dari Kuwait, Oman, Bahrain, Qatar, Arab saudi, dan Uni Emirat Arab), Amerika Selatan, dan ASEAN,” tutur Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, dalam siaran pers, Jumat (10/5/2019) lalu.

Kegemilangan prestasi Fortuner tak terjadi terjadi dia triwulan pertama tahun ini saja. Tapi, sejak lima tahun lalu. Permintaan Fortuner, lanjut Bob, secara konsisten dan berkelanjutan sejak saat itu, hingga saat ini.

“Fortuner konsisten menjadi model SUV penyumbang terbesar bagi prestasi ekspor Toyota Indonesia,” kata dia.

Ilustrasi, ekspor SUV Indonesia. Proses Scanning Toyota Fortuner sebelum diekspor – dok.TMMIN

Di rentang waktu tiga bulan pertama itu, total ekspor mobil Toyota dalam rupa utuh (CBU) yang dicatatkan TMMIN sebanyak 46.130 unit. Jumlah ini meningkat 2% dibanding periode sama tahun 2018.

Selain moncer di pasar ekspor, kinerja penjualan Fortuner juga mengkilap di dalam negeri. Seperti diungkapkan Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, sepanjang kurun waktu dari Januari-April, SUV ini telah terjual sebanyak 5.781 unit. Jumlah ini setara dengan 33,1% dari total penjualan SUV di segmennya.

“Sepanjang April saja, penjualan Fortuner tercatat sebanyak 1.547 unit. Kalau, di sisa delapan bulan ini penjualan konsisten sebanyak itu (1.500 – 1.600 unit), maka target penjualan paling tidak sama dengan tahun lalu bisa tercapai, atau bahkan lebih,” ungkap Soerjo yang ditemui di sela acara berbuka puasa bersama, di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Ilustrasi, antusiasme masyarakat melhat Toyota Fortuner mobil balap Tim Toyota atau TTI – dok.Motoris

Faktanya, All New Fortuner yang ditawarkan dalam empat varian dengan banderol Rp 548,05 – 666,15 juta on the road Jakarta, juga menjadi jawara penjualan di segmen high SUV. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) berbicara, sepanjang tahun 2018 lalu Fortuner terjual 21.459 unit.

Dia mengungguli Mitsubishi Pajero Sport yang terjual 21.029 unit, dan Honda CR-V yang laku 14.565 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS