Ini Skuter Listrik Baru Kymco, Banderolnya Rp 14 Jutaan

Ini Skuter Listrik Baru Kymco, Banderolnya Rp 14 Jutaan
Kymco Nice 100 EV - dok.e-scooter.co

Taipei, Motoris – Pabrikan otomotif asal Taiwan, Kwang Yang Motor Co, Ltd (Kymco) beberapa waktu lalu meluncurkan model skuter listrik (Skutrik) anyar bernama Kymco Nice 100 EV. Skutrik ini ini merupakan sutrik paling inovatif yang dibuat Kymco sejak pabrikan itu memproduksi skutrik pada tahun 1999 atau 20 tahun lalu.

Seperti dilaporkan laman e-scooter.co dan motosaigon.vn, belum lama ini, skuter iini dibekali sebuah motor listrik berkapasitas 1.500 Watt, yang meyemburkan torsi hingga 124 Nm. Dia disokong empat baterai ion lithium 13 Ah yang dapat dilepas.

“Jika baterai terisi penuh, skuter ini mampu menempuh jarak hingga 160 kilometer,” bunyi pernyataan pabrikan.

Kymco menyebut salah satu inovasi terbesar yang dilakukan dalam ekosistem skuter ini adalah sebuah sistem. Mulai dari proses pengisian baterai, jaringan tempat pengisian baterai, hingga lama proses pengisiannya.

Lama pengisian baterai hanya satu jam, dan dapat menggunakan colokan listrik rumah atau instalasi listrik umum. Lantaran itulah – di Taiwan – Kymco menggandeng sejumlah tempat-tempat yang kerap disambangi orang seperti restoran, kafe, toko, dan sebagainya.

Kymco Nice 100EV saat masih berwujud konsep – dok.Youtube

Walhasil, dimana pun dan kapan pun pemilik skuter bisa mengecas baterai motor mereka. Mereka tak perlu menunggu lama, karena baterai yang perlu diisi dilepas dari dek (pijakan kaki) skuter, dan diganti dengan baterai yang masih terisi penuh.

Dengan sistem ini, Kymco berani mengklaim sistem pengisian baterai skuter listriknya itu adalah siste baru “tanpa menunggu” yang dia sebut sebagai sistem Ionex. Sedangkan proses penggantian baterai – melepas dan memasang baterai yang ditempatkan di dek – hanya butuh waktu dalam hitungan detik. Maklum, dari empat baterai, hanya dua yang digunakan dan dua sebagai cadangan.

Inovasi lainnya yang diklaim Kymco adalah fitur terkini, yakni USB-port, bagasi ekstra luas, instrumen panel digital, dan dudukan ponsel. Nice 100 EV juga terhubung ke ponsel pintar untuk mengakses aplikasi skuter dan berbagai informasi seperti kecepatan dan kondisi baterai.

Skuter ini dibanderol NTD30.800 atau US$ 990 yakni sekitar Rp 14 jutaan. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This