Benelli RFS 150i Cari Celah “Tendang” Yamaha MX-King

Benelli RFS 150i Cari Celah “Tendang” Yamaha MX-King
Benelli RFS 150i saat dipamerkan di hajatan IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski telah memajangnya di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, 25 April – 5 Mei lalu, namun PT Benelli Motor Indonesia (BMI) ternyata belum menjual motor bebek Benelli RFS 150i. Kehadiran motor bebek yang disebut-sebut sebagai pesaing Yamaha MX-King ini merupakan tes sekaligus mencari celah atau saat yang tepat untuk “turun gelanggang”.

“Belum. Masih belum dijual, kita memang mau tahu respon pasar dulu. Kita pelajari dulu,” tutur Chief Executive Officer BMI, Steven Kentjana Putra, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Padahal, dari pantuan Motoris selama masa penyelenggaraan IIMS 2019 itu, tak sedikit pengunjung pameran itu yang mampir dan bertanya soal motor bebek ini. “Memang, tidak sedikit yang bertanya kemari soal RFS150i ini. Makanya, kita pelajari dulu, seperti apa prospeknya,” kata Development Manager BMI, Joel Kusuma, saat ditemui di booth Benelli di hall C, JiExpo, beberapa waktu lalu.

Booth Benelli di IIMS 2019 yang menekankan “rasa” dan “selera” Italia – dok.Motoris

Menurutnya, ada beberapa keunggulan yang dimiliki motor tersebut dan menjadi modal besar dalam menghadapi persaingan. Selain perangkat suspensi depan yang berupa garpu upside down 88 mm (dan belakang monoshock), juga ada tiga busi yang digunakan.

Dengan tiga busi, kata Joel, maka proses pembaaran bahan bakar di ruang bakar mesin jauh lebih sempurna.
“Kalau proses pembakaran sempurna, maka tidak akan ada bahan bakar yang sia-sia karena tidak terbakar. Sehingga, konsumsi BBM (bahan bakar) juga lebih irit. Selain itu, letupan mesin juga maksimal, sehingga tenaga yang dihasilkan juga maksimal,” papar dia.

Mesin 4-stroke satu silinder 149,8 cc yang diusung motor ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 15,5 hp pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsinya 3 Nm di 7.000 rpm. Peyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi enam tingkat percepatan.

Dengan keunggulan sistem suspensi, tiga busi, teknologi terkini maupun teknologi kekinian, Benelli RFS 150i siang menendang Yamaha MX-King – dok.Motoris

Desainnya cukup apik, dengan sentuhan teknologi kekinian. Instrumen cluster yang mengadopsi teknologi digital dan semua lampu yang menggunakan LED adalah beberapa diantara contohnya. Perangkat pengereman menggunakan cakram.

Motor ini sudah diniagakan di Malaysia sejak tahun 2017 lalu. Di negeri jiran itu Benelli membanderolnya mulai Rp22,3 jutaan. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This