Demi Sikat Juke, Toyota Akan Bikin Yaris Crossover

Demi Sikat Juke, Toyota Akan Bikin Yaris Crossover
Ilustrasi, Toyota C-HR Hybrid dibanderol Rp 253 juta on the road Jakarta - dok.Motoris

Los Angeles, Motoris – Toyota dikabarkan tengah menggarap crossover subkompak yang ditempatkan di bawah C-HR. Mobil ini bakal diproduksi akhir tahun ini di pabrik Toyota Prancis, berdasarkan laporan dari Automotive News Europe.

Mobil ini bakal bertempur dengan crossover segmen B seperti Renault Captur, Dacia Duster, dan Peugeot 2008. Kalau di Indonesia, segmen itu dihuni Honda HR-V, Nissan Juke dan sebangsanya. Toyota sebenarnya sudah memiliki Rush di segmen ini. Namun, mobil ini lebih pas disebut SUV, bukan crossover.

Di Eropa sana, seperti dilaporkan laman The Drive, penjualan small SUV naik 37% tahun lalu menjadi 1,83 juta unit. Ini tentunya merangsang Toyota.

Beberapa pemanufaktur mobil segera melepas mobil seperti itu, antara lain Skoda Kamiq dan Ford Puma.

Toyota C-HR tampilan dengan bodykit Faustino yang merupakan bodykit GT buatan Toyota Motor Thailand – dok.Paultan.org

Saat ini, Toyota hanya memiliki hatchback Yaris yang bermain di segmen B. Kabarnya, crossover ini bakal berbagi komponen dengan generasi baru Yaris yang ber-platform TNGA. Kita tahu TNGA mendasari dibangunnya CH-R, Camry, dan Kluger.

“Model ini juga bakal dilengkapi teknologi bantuan supir dan hybrid. Belum jelas apakah mobil ini juga akan dipasarkan di belahan bumi lain,” tulis Drive. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This