Meski Lebih Mahal, Peminat Honda Forza Terus Bertambah

Meski Lebih Mahal, Peminat Honda Forza Terus Bertambah
Honda Forza- dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Harga skutik maxi Honda Forza 250 (per Mei 2019) yang sebesar Rp 79,5 juta terbukti lebih mahal dibanding pesaingnya Yamaha XMax yang dipatok Rp 59,3 juta. Meski begitu, peminat skutik 250 cc andalan Honda ini terus mengalir.

“Sampai awal Mei kemarin, pesanan atau yang inden ada 430 unit. Masa inden dua sampai tiga bulan. Ya, karena memang ini produk impor, jadi membutuhkan waktu,” tutur Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya, saat ditemui di sela acara buka puasa bersama di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Thomas, ada beberapa pertimbangan di kalangan konsumen memilih skutik ini meski harga terbilang lebih mahal ketimbang pesaing. Mulai dari desain, material yang digunakan, hingga fitur adalah beberapa faktor yang membedakannya dengan rivalnya.

“Tentu, konsumen melihat dan menyadari itu. Tetapi, yang pasti,minat konsumen trennya terus naik sejak (skutik) ini diluncurkan Agustus 2018 lalu,” kata Thomas.

Honda Forza 250 di Jakarta saat diluncurkan dibanderol Rp 76,5 juta on the road – dok.AHM

Senada dengan Thomas, Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan tren positif dalam penjualan Forza itu terlihat dari jumlah pesanan yang terus meningkat. “Kalau sejak peluncuran sampai akhir April lalu, penjualan sudah 1.100 unit lebih, sedangkan di awal Mei ada lagi inden 430 unit,” kata Muhib saat dihubungi.

Artinya, hingga awal Mei lalu penjualan sudah mencapai 1.500 unit lebih. Bahkan, lanjut Muhib, peminat skutik itu tidak hanya sebatas di kawasan Jabodetabek semata tetapi juga di daerah-daerah lain di Indonesia.

Honda Forza mengusung mesin 249,01 cc silinder tunggal, 4 tak, dengan pendiginan menggunakan cairan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 17,3 kW pada putaran mesin 7.500 rpm, dan torsi maksimum 24 Nm pada 6.250 rpm.

Skutik dengan rangka under bone type dari baja ini menggunakan perangkat suspensi teleskopik di bagian roda depan dan swing arm dengan suspensi ganda di roda belakang. Ban depan berukuran 120/70-15M/C 56P dan belakang 140/70-14M/C 62P. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This