Granvia, Toyota Hiace yang “Menyaru” Jadi Alphard

Granvia, Toyota Hiace yang “Menyaru” Jadi Alphard
Toyota Granvia, Toyota Hiace yang berpenampilan mirip Alphard - dok.Autoindustriya

Tokyo, Motoris – Toyota Motors Corporation (Toyota) telah merilis versi paling anyar dari van Toyota Hiace yang jauh lebih nyaman dan bergaya, dengan tampilan yang mirip Toyota Alphard. Bahkan, Toyota Hiace terbaru yang dinamai Granvia itu bisa menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan Alpahrad namun uang di kantong tak cukup.

Seperti dilaporkan laman Autoindustriya dan Zigwheels, Rabu (22/5/2019), Granvia dijajakan di Eropa dan pasar lokal Jepang. Meski begitu tak menutup kemungkinan juga disebar ke wilayah di luar dua wilayah itu, termasuk negara-negara di Asia Tenggara.

Secara tampilan, Granvia memang berbeda dengan Hiace versi lawas. Dia lebih mancung karena mesin tak lagi berada di bawah tempat duduk, melainkan di tepatkan di depan.

Granvia juga menggunakan grill keren yang mirip dengan grill Alphard versi lama. Begitu pun dengan lampu depan, trim aksen krom, serta pelek dari bahan alloy yang berdesian lebih menarik. Tampilan lebih oke berkat penambahan garnish pada lampu belakang.

Tampilan samping Toyota Granvia – dok.Autoindustriya

Tetapi ubahan terbaik adalah pada perangkat sistem suspensi. Jika Hiace lawas menggunakan spring leaf atau per daun, Granvia menggunakan sistem multi-link untuk pengendaraan yang lebih lembut.

Bagian kabin juga dibuat “menyerupai” Alphard. Trim kayu tiruan dipadu dengan bahan yang lebih gelap mencuatkan kesan mewah.

Sedangkan kursi ala captian seat memberikan kenyamanan saat berada di jalan. Dengan formasi kursi seperti itu, maka kapasitas Granvia juga berbeda dengan Hiace lawas, yakni hanya 8 kursi saja.

Tampilan kabin bagian depan Toyota Granvia – dok.Autoindustriya

Sebagai pelengkap, perangkat sistem hiburan – audio dengan layar sentuh – yang dilengkapi 12 speaker, membuat penumpang lebih nyaman. Ada juga port USB, colokan pengisian baterai ponsel.

Tak lupa, Toyota melengkapinya dengan enam buah airbag, cruise control, keselamatan pre-collision, dan pendeteksi pejalan kaki. Artinya, tak hanya keselamatan bagi pengemudi dan penumpang saja yang diperhatikan, tetapi juga orang-orang di sekeliling mobil.

Jok captian seat Toyota Granvia mencuatkan kesan mewah dan ekslusif – dok.Autoindustriya

Adapun mesin yang diusungnya sama dengan Hiace sebelumnya, yakni Granvia mesin turbo-diesel yang berkapasitas 2.8 liter. Suaranya jauh lebih halus dan tarikannya lebih enteng, berkat adopsi teknologi terkini. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This