Ini Syarat Pesanan Suzuki Jimny Bisa Segera Didapat

Ini Syarat Pesanan Suzuki Jimny Bisa Segera Didapat
All New Jimny Sierra yang tak pernah sepi dari perhatian pengunjung GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) akhirnya mengakui telah membuka pemesanan SUV lengendaris Suzuki Jimny versi anyar melalui dilernya yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Karena pesanan yang masuk telah mencapai ribuan unit, tentu untuk mendapatkannya akan diatur sesuai dengan jumlah unit yang diberikan oleh Suzuki Motors di Jepang.

“Kita sudah buka pemesanan, karena antusiasme masyarakat yang begitu besar terhadap SUV ini. Apalagi, setelah kita bawa di dua pameran (GIIAS 2018 dan IIMS 2019), orang yang mendaftar sangat banyak. Di luar ekspektasi kami,” tutur 4W Sales Director SIS, Makmur, saat ditemui di sela acara Buka Puasa Bersama dan konferesi pers Ketupat Ramadhan Suzuki, di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Makmur, awalnya, ketika diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus tahun lalu, Suzuki Indonesia hanya mengingin melihat sejauh mana respon masyarakat. Mereka pun diminta mencantumkan data pribadi.

Antusiasme masyarakat terhadap All New Jimny sangat tinggi, terbukti saban SUV ini dipamerkan, menjadi topik perbincangan hangat. Termasuk pengunjung di IIMS 2019 kali ini – dok.Motoris

“Tetapi, ternyata di luar dugaan. Mereka serius menyatakan pesan. Padahal, kita belum tahu gambaran harganya seperti apa, dan jatah dari Suzuki Motors seberapa besar. Akhirnya kita koordinasikan dengan Suzuki otors di Jepang. Dan hasil penjajakan yang lebih positif, ketika di IIMS 2019 (25 April-5 Mei lalu),” kata dia.

Jumlah pemesan telah mecapai ribuan orang. Lantaran itulah, lanjut dia, Suzuki Indonesia akan menerapkan metode khusus bagi pemesan SUV mungil Suzuki tersebut.

Pernyataan Makmur diamini Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, yang ditemui di tempat yang sama. “Pada saat kita display di IIMS konsumen sudah bisa melakukan pemesanan dengan mendaftarkan namanya. Ternyata sudah ribuan,” kata Dony tanpa bersedia menyebut jumlah pasti karena tidak hafal secara persis.

Nomor urut dan pembayaran
Agar pemesan mendapatkan pesanannya itu secara cepat – mengingat jatah yang diberikan Suzuki Motors Jepang juga terbatas – maka SIS akan meihat nomor urut pemesana atau nomor urut booking-nya. Namun, itu bukan satu-satunya faktor penentu.

“Karena kita juga melihat bagiamana pelunasan pembayaran dari pesanan unit tersebut. Kalau hard cash atau tunai keras, tentu berbeda dengan yang kredit. Kalau kredit kita lihat tenornya. Sekali lagi, ini prioritas karena jatah unit yang memang masih terbatas,” kata dia.

Empat Suzuki Jimny terbaru yang diangkut mobil gendong dari Pulogadung, Jakarta Timur, menuju jalan tol Cikunir – jalan tol Jakarta-Cikampek – dok.Motoris

Namun, ke depan, cara seperti itu kemungkinan besar bisa berubah. Terutama, jika SUV tersebut benar-benar disetujui untuk diproduksi di dalam negeri Indonesia seperti yang diajukan Suzuki Indonesia ke Suzuki Motors di Jepang.

Menurutnya, kemungkinan memproduksi Jimny di dalam negeri juga terbuka lebar. Sebab, Indonesia merupakan basis produksi mobil Suzuki terbesar ketiga di dunia setelah Jepang dan India.

“Kita juga sudah punya pabrik produksi yang dilengkapi teknologi terkini. Selain itu, kita juga punya pengalaman memproduksi SUV Suzuki, Suzuki Katana,” imbuh Donny. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This