Ini Dia, Calon Motor Baru BMW untuk Penggila Custom

Ini Dia, Calon Motor Baru BMW untuk Penggila Custom
Konsep BMW R18 Cruiser yang bisa menjadi pesaing berat Harley Davidson Softail dan Triumph Bobber - dok.Istimewa

Cernobbio, Motoris – Divisi kendaraan roda dua BMW AG atau BMW Motorrad, baru saja memperkenalkan konsep motor anyar yang dinamai BMW R18 Cruiser Concept. Motor cruiser bergaya retro klasik ini, selain bakal menjadi pesaing berat dari Harley Davidson Softail dan Triumph Bobber, juga untuk memenuhi keinginan para penggila motor custom.

Seperti dilaporkan laman Bennetts dan Motorcycle, Senin (27/5/2019), tampilan R18 Concept Cruiser itu memang mengusung tema custom retro yang saat ini memang lagi ngetren di dunia. Racikan dan penggarapannya terlihat begitu rapi, mulai dari switch sampai knalpot bergaya fishtail.

“Bicara soal konsep ini bukanlah sekadar bicara kecepatan. Namun, bagaimana mewujudkan sebuah bentuk rancangan ke dalam analog di era digital seperti sekarang. BMW Motorrad mempunyai sejarah dan pengalaman panjang dalam meracik sepeda motor ikonik. Dia juga mempunyai karakteristik desain yang sama. Kami percaya, seuanya bisa diwujudkan dengan teknologi terkini,” kata Head of Design BMW Motorrad, Edgar Heinrich.

Konsep BMW R18 Cruiser – dok.Istimewa

Para desainer BMW Motorrad mendapatkan ide konsep tersebut setelah terinspirasi oleh BMW R5 1936. Konsep ini menggunakan ban depan 21 inci dan belakang 18 inci. Joknya dibuat seperti bentuk daun . Jok seperti itu ernah digunakan motor BMW di era 1950-an.

Sedangkan tangki BBM-nya dibuat dengan bentuk yang mirip tetes air, head cover dipoles. Sebagai pemanis tampilan, BMW menggunakan pinstriping di sejumlah bagian untuk menguatkan kesan retro.

Begitu pula dengan penggunaan ban Matzeler Rille yang mencuatkan kesan custom yang kuat. Selain itu, kesan custom juga mencuat berkat tampilan kopel terbuka, suspensi cantilever, throttle body, serta penempatan lampu LED yang berada di tengah garpu depan.

Konsep BMW R18 – dok.Motorcycle.com

Hanya, divisi sepeda motor BMW itu belum memastikan kapan konsep tersebut diprodusi massal dan dijual. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This