160.000 Lebih Vios dan Yaris Indonesia Serbu 13 Negara

160.000 Lebih Vios dan Yaris Indonesia Serbu 13 Negara
Toyota New Vios dress up tampil di GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sejak lima tahun lalu hingga kini PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah memproduksi 257.200 unit lebih sedan Toyota Vios dan hatchback Toyota Yaris. Dari jumlah itu, 63% telah dikirim ke 13 negara di berbagai belahan dunia.

“Tahun ini merupakan tahun kelima TMMIN memproduksi Vios dan Yaris. Sebelumnya, kedua model itu didatangkan dari Thailand,”  tutur Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam, dalam keterangan pers, Rabu (29/5/2019).

Keduanya, diekspor ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah dalam wujuh utuh atau CBU. Totalnya ada 13 negara yang telah tertembus kedua model tersebut.“Jadi total yang diekspor sebanyak 162.530 unit. Sedangkan 94.750 unit atau 37% untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal,” kata Bob.

Paket ubahan Vios facelift mirip dengan Yaris facelift sebelumnya. – dok.TAM

Dia menyebut,  proses produksi Vios dan Yaris di lokal Indonesia ini merupakan langkah TMMIN dalam rangka mengurangi ketergantungan impor. Dengan cara itu pula, Toyota memberi kontribusi terhadap upaya pemerintah menjaga keseimbangan neraca perdagangan.

Industri lokal
Namun, lanjut Bob Azam, manfaat yang tidak kalah penting dari proses produksi lokal ini adalah, menumbuhkan dan memperkuat industri dalam negeri. Pasalnya, dengan proses seperti itu maka permintaan pasokan dari industri lokal juga terjadi.

Hingga saat ini, tak kurang dari 63 pemasok lapis pertama terlibat dalam kegiatan produksi serta ekspor dua model tersebut. Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) Vios/Yaris kini telah mencapai 75%.

Toyota Yaris terpilih sebagai Car of The Year 2018 – dok.TAM

“Hal ini juga membuktikan industri otomotif nasional memiliki daya saing yang tinggi dan dipercaya menjadi produsen salah satu model yang banyak diminati di pasar global,” ungkap Bob.

Lebih dari itu, investasi pun mengalir. Seperti diketahui, Toyota telah menggelontorkan investasi senilai Rp2,5 triliun saat akan memproduksi dua mobil tersebut di tahun 2014. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This