Mencegah Kantuk Mendera Saat Perjalanan Mudik

Mencegah Kantuk Mendera Saat Perjalanan Mudik
Ilustrasi mengantuk saat menyetir mobil - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Menjaga konsentrasi saat mengemudi jarak jauh merupakan keharusan agar berkendara – terutama di saat mudik lebaran kali ini – aman dan nyaman. Namun, yang perlu diwaspadai adalah mengantisipasi rasa kantuk yang datang di saat perjalanan.

Penggiat Indonesia Safety Driving Association, Dodit Kuncahyo, menyebut, sejatinya rasa kantuk yang sangat mendera ketika berkendara bisa diantisipasi. Caranya, dengan persiapan sebelum melakukan perjalanan atau bahkan di saat perjalanan.

“Tapi harus diingat, jika ngantuk itu sudah enggak bisa ditahan di saat Anda sedang menyetir di jalan, sebaiknya berhenti dan beristirahat. Jangan dipaksakan menyetir, sebab akibatnya bisa fatal. Mengantuk, itu sama halnya setengah dari kesadaran kita hilang, konsentrasi buyar. Itu bahaya, sebaiknya menepi dan istirahat,” tuturnya saat ditemui di kawsan ICE Serpong, Tangerang, Rabu (29/5/2019).

Namun, rasa kantuk bisa dicegah ketika sebelum perjalanan dilakukan. Pertama, tidur 1-2 jam sebelum melakukan perjalanan.

Sebaiknya berisirahat sejenak dengan tidur 30 menit – 1 jam jika rasa kantuk sudah tak bisa ditahan, dei keamanan di perjalanan – dok.Obrella

“Hanya memang, ketika gantuk itu sudah enggak bisa ditahan di saat Anda sedang menyetir di jalan, sebaiknya berhenti dan beristirahat. Jangan dipaksakan menyetir, sebab akibatnya bisa fatal. Mengantuk, itu sama halnya setengah dari kesadaran kita hilang, konsentrasi buyar. Itu bahaya, sebaiknya menepi dan istirahat,” tuturnya saat ditemui di kawsan ICE Serpong, Tangerang, Rabu (29/5/2019).

Namun, rasa kantuk bisa dicegah ketika sebelum perjalanan dilakukan. Pertama, tidur 1-2 jam sebelum melakukan perjalanan.

Kedua, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi. Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

Kandungan vitamin dalam buah segar sangat bagus dalam menopang daya tahan tubuh. Upayakan banyak mengonsumsi air putih, sehingga tidak terkena gejalan dehidrasi yang juga memicu rasa lelah dan kantuk.

Ketiga, beristirahatlah di tempat istirahat atau rest area setelah menyetir tiga jam. Lakukan perenggangan otot, dengan berjalan mengelilingi rest area atau senam ringan kaki dan tangan, leher, dan kepala.

Makan buah akan meningkatkan daya tubuh dan tak mudah mengantuk – dok.Pixabay

Hal itu dimaksudkan agar peredaran darah mengalir dengan lancar. Jika aliran darah lancar, maka denyut jantung akan berjalan mengikuti irama yang normal, sehingga kantuk bisa dicegah.

“Kalau Anda suka, bisa minum kopi. Karena zat-zat yang ada di kopi termasuk kafein bisa melancarkan peredaran darah sehingga kerja jantung juga terjaga,” saran Dodit.

Keempat, sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan setidaknya tiga jam sebelum melakukan perjalanan. Dan yang kelima, ajaklah suadara atau teman untuk meemani perjalanan. Jika Anda seorang diri, upayakan menyetel musik dengan beat yang dinamis. (Fan/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS