Jaguar Hentikan Produksi Sedan XJ Mulai Juli Nanti

Jaguar Hentikan Produksi Sedan XJ Mulai Juli Nanti
Jaguar XJ model 2019 - dok.WhatCar

London, Motoris – Setelah 51 tahun diproduksi atau sejak 1968, produksi sedan Jaguar XJ bakal diakhiri 5 Juli nanti. Jaguar Land Rover (JLR) disebut-sebut bakal kembali memunculkan Jaguar XJ dalam wujud sedan bersumber tenaga dari listrik pada tahun 2020 nanti.

Seperti dilaporkan Motor Authority dan Motor1, Jumat (31/5/2019), kabar itu menyeruak setelah laman Autocar mewawancarai petinggi dari JLR. Disebut, petinggi pabrikan itu yang memastikan proses produksi dari sedan tersebut.

JLR diketahui memang tak mengutak-atik XJ lagi sejak empat tahun lalu. Sejak tahun 2015 itu, XJ generasi terakhir yakni X351 tampilannya tak “disegarkan” lagi, dan dibiarkan apa adanya.

Lantaran itu pula, penjualannya pun terus merosot. Fakta berbicara, seanjang tahun 2018 kemarin, penjualannya di Eropa menciut dan hanya 1.099 unit. Kondisi serupa terjadi di Amerika, dimana hanya terjual 1.579 unit atau merosot dibanding tahun 2017 yang masih sebanyak 2.721 unit.

Jaguar XJ model 2019 – dok.Motor Authority

Namun, fakta yang terjadi itu sangat disadari para pemegang kendali manajemen JLR. Mereka sengaja membiarkannya karena memang tengah “mengelas-elus” XJ versi anyar yang bersumber tenaga dari arus setrum.

Jagoan anyar itu kini tengah dalam proses pengembangan. Dia digadang-gadang sebagai senjata baru untuk menggebuk sedan listrik asal Amerika Serikat, Tesla Model S.

Maklum, sedan listrik besutan Tesla itu, saat ini semakin kondang dan diminati konsumen di pasar utama otomotif dunia, seperti Amerika Serikat dan Cina. Kehadiran XJ listrik itu sekaligus menambah portofolio mobil listrik Jaguar, karena saat ini baru ada satu model yakni Jaguar I-Pace. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This