Pertamina Klaim Konsumsi Pertamax Naik Selama Mudik

Pertamina Klaim Konsumsi Pertamax Naik Selama Mudik
Ilustrasi, petugas SPBU Pertamina tengah mengisi BBM jenis Pertamax ke tangki mobil pemudik lebaran 2019 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Pertamina mengklaim, sejak tanggal 21 Mei lalu hingga hari H-3 Lebaran konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh masyarakat meningkat signifikan. Peningkatan dicatatkan oleh BBM jenis Pertamax dan Bio Solar.

Seperti diungkapkan Region Manager Communication & CSR Pertamina, Yusuf Rifky Rakhman, konsumsi Pettamax meningkat 19,1% di rentang waktu itu. Sedangkan permintaan Bio Solar melonjak hingga 31,9%.

“Dari rata-rata harian normal, ada peningkatan sekitar 19.1% untuk produk Pertamax, disusul Pertalite naik 11.4%, kemudian Premium 5.9%. Namun Pertamax Turbo mengalami penurunan sekitar 6.4%. Sedangkan untuk gasoil, Bio Solar masih berada di peringkat tertinggi yaitu naik 31.9%, disusul Pertamina Dex 25% dan Dexlite 17.2%,” papar Rifky dalam siaran pers, Minggu (2/6/2019).

Menurut dia, konsumsi BBM masyarakat yang paling banyak terlihat pada 30 Mei lalu. Peningkatan itu terjadi karena adanya peningkatan kendaraan yang digunakan masyarakat.

Sepeda motor pemudik lebaran tengah mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU Pertamina – dok.Istimewa

Tercatat, lanjut dia, di wilayah Sumatera, kendaraan yang masuk ke ruas jalan Bakauheuni – Terbanggi Besar mencapai 18.000 unit lebih. “Tanggal itu merupakan puncak dibanding hari-hari sebelumnya,” kata dia.

Konsumsi BBM khususnya Pertamax di wilayah Sumatera pada tanggal itu naik 171%. Sedangkan pada hari yang sama, konsumsi Pertalite naik 130%, Pertamax Turbo 132% pada 26 Mei.

Sementara di tanggal 28 Mei, konsumsi BBM jenis Premium meningkat 115%. “Untuk produk gasoil, tren konsumsi tertinggi Bio Solar terjadi pada tanggal 23 Mei yaitu naik 142%, Dexlite 177%,” imbuh Rifky. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS