Suzuki Ignis India dan Eropa Dites Tabrak, Ini Hasilnya

Suzuki Ignis India dan Eropa Dites Tabrak, Ini Hasilnya
Ilustrasi Suzuki Ignis dalamyang dimodifikasir - dok.Motoris

Brussels, Motoris – Mobil jenis city car Suzuki – Ignis – yang dijajakan di pasar global memang dibuat di dua tempat, yakni di India dan Eropa. Namun, ketika dilakukan uji tabrak untuk mengetahui tingkat keamanan mobil oleh lembaga Global New Car Assessment Programme (Global NCAP), ternyata hasilnya berbeda.

Seperti dilaporkan laman NDTV dan Autonews, belum lama ini, Suzuki Ignis, pada tahun 2016 lalu telah menjalani uji tabrak oleh Euro NCAP. Saat itu, mobil yang dijual di itu mendapatkan peringkat lima bintang.

Selain memiliki sistem perangkat perlindungan terhadap penumpang dewasa dan anak-anak yang tinggi, mobil itu juga memiliki fitur keamanan yang lengkap. Bahkan, terdapat Dual Camera Brake Support (DCBS).

Sementara, Suzuki Ignis yang dibuat di India, yang dijual di wilayah Afrika Selatan dan merupakan tipe standar hanya mendapatkan tiga bintang ketika dilakukan tes serupa. Dalam uji tabrak frontal dengan laju kecepatan 64 kilometer per jam, terbukti perlindungan mobil ini kurang.

Suzuki Ignis, salah satu mobil yang masih diimpor secara utuh oleh Suzuki Indonesia – dok.Motoris

Sistem tersebut tidak mampu melindungi dada penumpang dewasa – yang duduk di bangku depan – tidak optimal. Begitupun dengan bagian kepala dan kaki juga kurang optimal terlindungi.

Walhasil, poin yang berhasil diraih hanya 9,99 dari poin maksimum 17. Bahkan untuk perlindungan penumpang anak-anak – yang duduk di bagian belakang – hanya mendapat poin yang lebih rendah, yakni 8 dari 49 poin maksimal.

Artinya, Ignis hanya mendapatkan satu bintang dari lima bintang yang semestinya untuk urusan perlindungan terhadap anak-anak. Kendati begitu, bukan berarti kondisi tersebut tak bisa diperbaiki. Lembaga pengujian menyarankan kepada Suzuki untuk melengkapi fitur-fitur yang dibutuhkan. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This