Sudah Dimatikan, Belum Ada Pengganti Honda Spacy

Sudah Dimatikan, Belum Ada Pengganti Honda Spacy
Ilustrasi, Honda Spacy - dok.AHM

Jakarta, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) sudah resmi mematikan siklus hidup atau menghentikan produksi skutik Honda Spacy pada April lalu. Namun, hingga kini agen pemegang merek sepeda motor Honda di Indonesia itu hingga kini belum punya rencana untuk menyuguhkan pengganti dari skutik tersebut.

Bahkan, meski di negeri tetangga – Thailand – model yang memiliki kemiripan teknis seperti Spacy, yakni Honda Moove mendapat sambutan bagus dari konsumen dan diisukan bisa menjadi pengganti Spacy. “Tidak ada rencana (menyuguhkan pengganti Spacy). Memang, tidak ada calon pengganti,” tutur Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, di Jakarta, belum lama ini.

Thomas tak menampik model serupa Spacy di sejumlah negara – seperti di Eropa dan Jepang – mendapat sambutan positif dari masyarakat. Namun, hal itu bukan berarti di Indonesia juga harus sukses.

Pasalnya, lanjut Thomas, selera maupun keinginan maupun kebutuhan masyarakat Indonesia juga berbeda dengan mereka. “Selera konsumen kita bebeda dengan konsumen Eropa maupun lainnya,” ujar dia.

Honda Spacy – dok.Honda

Adapun Moove yang dipasarkan di Thailand memiliki basis mesin yang mirip dengan Spacy, maupun BeAT series dan Scoopy. Moove juga dilengkapi lampu LED plus strip diatasnya yang mirip alis dengan lampu DRL.

Sedangkan peleknya berukuran 12 inci yang dibalut ban 100/90. Ukuran ban tersebut mirip dengan Scoopy. Hanya, sayang, Thomas menegaskan tidak ada calon pengganti Spacy, termasuk kemungkinan dihadirkannya Moove ke Tanah Air sebagai pengganti skutik itu.

Sekadar catatan, penjualan Spacy di Indonesia memang tak gemilang. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia menunjukan, sepanjang tahun 2018 lalu, wholesales Sapcy hanya 28 unit.

Sedangkan di tahun sebelumnya masih 5.042 unit. Angka ini tentu sangat jauh dibanding Honda BeAT yang di tahun 2017 lalu sebanyak hapir 2 juta unit. Sementara di tahun 2017 penjualannya sebanyak 6.170 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This