Gebuk Yamaha, Honda Siapkan Africa Twin Anyar

Gebuk Yamaha, Honda Siapkan Africa Twin Anyar
Ilustrasi Honda CRF850 Africa-Twin - dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Honda Motors dikabarkan tengah mengembangkan varian anyar di keluarga motor gede (Moge) adventure Honda Africa Twin. Honda CRF850L itu dsebut bakal diluncurkan pada tahun 2020 mendatang dan dijajakan ke berbagai belahan dunia.

Seperti dilaporkan laman Ridermagz dan Benetts, Selasa (4/6/2019), kabar itu mencuat setelah dilansir oleh majalah otomotif di Jepang, Auto By. Bahkan majalah tersebut telah menyodorkan gambar rendering dari motor tersebut.

“Dari tampilannya terlihat mirip dengan Honda Africa Twin 1000 atau CRF 1000L dengan roda 21 inci di bagian depan, knalpot tinggi, dan berbagai bagian layaknya motor adventure,” tulis laman Benetts.

Dari gambar itu juga terlihat, motor ini menggunakan suspensi upside down dan swingarm alumunium. Sedangkan peleknya model spoke, dengan sasis twinspar.

Salah satu motor gede atau moge Honda Africa Twin yang dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor- dok.Motoris

Soal mesin yang berkapasitas lebih besar – yakni 850 cc dua silinder segaris – kemungkinan sebagai cara untuk mengantisipasi standar eimisi Euro 5 dan Euro 6. Sebab, dengan mesin sebesar itu, Honda tetap bisa menyuguhkan motor dengan kadar emisi yang sesuai standar namun tidak kekurangan tenaga.

Terlebih, pabrikan berlambang sayap mengepak ini juga mengadopsi eknologi anyar yakni variable valve timing (VVT). Dengan teknologi ini, maka proses pengabutan bahan bakar berlangsung dengan cermat dan tepat, sehingga konsumsi bahan bakar semakin efisien.

Walhasil, efek terhadap lingkungan akibat tingkat emisi berlebih akibat keborosan konsumsi BBM karena proses pembakaran yang tak sempurna pun bisa dicegah. “Artinya, keberadaan CRF850 bisa bersanding dengan CRF1100L, dan memenuhi keinginan dan kebutuhan segmen menengah,” sebut Ridermagz.

Satu hal lagi, Honda menyodorkan varian Africa Twin anyar ini sebagai cara mempertajam senjata dalam persaingan. CRF850L itu bakal bersaing dengan Yamaha Tenere 700, F850GS dan KTM 790 Adventure R. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This