Airbag Bermasalah, Honda Tarik Ribuan CR-V

Airbag Bermasalah, Honda Tarik Ribuan CR-V
Honda CR-V model tahun 2019 ditarik karena ada indikasi airbag mengembang secara tiba-tiba - dok.Caranddriver

Washington, Motoris – Honda Motors kembali melakukan penarikan atau recall mobil buatannya karena airbag atau kantung udara yang bermasalah, yakni mengembang secara tiba-tiba dan bisa meledak. Kali ini, mobil yang ditarik adalah Honda CR-V tahun produksi 2019.

Seperti dilaporkan laman Consummer Report, Car and Driver, dan Autoblog, belum lama ini, dalam laporannya kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Honda mengakui, sejak Januari ada enam kejadian airbag tiba-tiba mengembang. Bahkan tiga diantaranya mengakibatkan oengemudi mobil cidera.

Sementara, hingga pertengahan Mei lalu ada 41 klaim – selama masa garansi – yang mengeluhkan kasus seperti itu. Sedangkan 20 keluhan muncul terkait tanda-tanda bermasalahnya airbag tersebut

“Tanda-tanda adanya masalah pada airbag itu antara lain tombol panel di tiba-tiba tidak berhenti, klakson mendadak mati tapi tiba-tiba hidup lagi, serta muncul lampu indikator SRS airbag di panel instrument,” bunyi pernyataan Honda.

Interior Honda CR-V tahun 2019 yang diduga arbagnya mengembang secara tiba-tiba – dok.Caranddriver

NHTSA mengatakan, Honda sudah memberitahu kepada para pemilik kendaraan untuk datang ke diler resmi mulai akhir Mei lalu guna mendaatkan pemeriksaan dan perbaikan. Namun, ada kemungkinan masalah ini terjadi di mobil Honda CR-V yang dijual secara global.

Di Amerika Serikat saja, saat ini sudah ada 137.000 unit lebih Honda CR-V yang terindikasi mengalami masalah itu. Kemungkinan besar masih akan bertambah. Meski Honda sendiri belum memberi pernyataan terkait kasus serupa di wilayah lain.

Masalah pada airbag tersebut diduga karena adanya logam di bagian setir yang tidak tertutup dengan sempurna sehingga berdampak pada kabel. Akibatnya, hubungan arus pendek atau korsleting pun terjadi, dan selanjutnya menyebabkan panas berlebihan dan airbag mengembang secara tiba-tiba. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS