Keunggulan Ini Bikin Alphard Raih Bintang 5 Uji Keamanan

Keunggulan Ini Bikin Alphard Raih Bintang 5 Uji Keamanan
Ilustrasi, Toyota Alphard terbaru - dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Toyota Alphard yang diposisikan sebagai MPV premium ternyata juga memiliki sistem keamanan dan keselamatan berkendara yang sepadan dengan postioning tersebut. Hasil uji tabrak yang dilakukan olh Japan New Car Assessment Program (JNCA) baru-baru ini telah membuktikan hal itu.

Seperti dilaporkan laman resmi Nasva dan Topgear, belum lama ini, dalam uji tabrak secara frontal saat Alphard digeber hingga kecepatan 60 kilometer per jam (kpj), mendapatkan skor 90,82 poin. Dengan skor tersebut, peringkat tertinggi atau bintang lima pun diraih MPV tersebut.

“Sistem proteksi untuk perlindungan kepala, leher, punda, hingga kaki pengemudi maupun penumpang yang berada di mobil memiliki kesanggupan dan kemampuan yang hampir sempurna. Keamanan orang-orang yang berada di mobil terproteksi dengan baik,” bunyi pernyataan JNCA.

Ilustrasi, Toyota Alphard versi terbaru – dok.Istimewa

Alphard juga terbukti memiliki aspek rescuability yang tinggi. Sebab, mobil ini memiliki akses yang besar, yang memungkinkan orang-orang di dalam mobil dan terjebak saat kecelakaan untuk dengan mudah dikeluarkan. Walhail, upaya penyelamatan pun bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Mobil ini juga memiliki pedestrian protection atau perlindungan terhadap orang-orang pejalan kaki yang kebetulan berada di sekitar mobil. Walhasil, MPV mewah Toyota itu menyabet skor 73,99 poin. Sebuah skor yang tinggi untuk mobil van.

Namun, catatan menarik dari JNCA yang juga perlu dilihat adalah, hasil tes yang bagus itu juga dicapai oleh kembaran Alphard, yakni Toyota Vellfire. Seperti halnya Alphard, Vellfire juga menjalani tes tabrak frontal (dari depan) dan dari samping.

Penyegaran juga terjadi pada saudara kembar Alphard, Toyota Vellfire – dok.Istimewa

Keduanya juga menjalani tes rear-end collision test yakni tes benturan dari belakang. Sementara untuk unit-unit yang dijual di pasar lokal Jepang, keduanya juga dibekali fitur pencegah kecelakaan. Alphard dan Vellfire sudah dibekali Toyota Safety Sense. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS