Ducati Naked Streetfighter V4 Segera Gebrak Dunia

Ducati Naked Streetfighter V4 Segera Gebrak Dunia
Prototipe Ducati Streetfighter V4 yang tengah dites di Pikes Peak International Hill Climb - dok.Motorcycle Daily

Colorado, Motoris – Pabrikan motor asal Bolgona, Italia, Ducati tak henti menggedor pasar sepeda motor kelas atas dunia. Pabrikan ini berecana menggelontorkan motor naked streetfighter V4 mulai tahun 2020 nanti.

Seperti dilaporkan situs resmi Ducati dan laman Motorcycle Daily, Jumat (15/6/2019) kabar ini diungkapkan langsung oleh Chief Executive Officer Ducati, Claudio Domenicali. Informasi ini merupakan bagian dari strategi pabrikan dalam “menggoda” dunia.

Menurutnya, motor yang merupakan varian anyar Panigale versi jalan raya itu mulai dijajakan pada tahun 2020 nanti. Kini, prototipe motor tersebut akan dites di puncak gunung Pikes Peak International Hill Climb, pada 30 Juni nanti oleh pembalap Amerika Serikat, Carlin Dunne.

“Streetfighter V4 merupakan Panigale untuk berkendara di jalan raya, jadi tidak ada panggung yang lebih baik dari Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb. Ini akan membuktikan kinerja tertinggi Streetfighter yang pernah diproduksi selama ini,” kata Domenicali.

Pengujian ini dimaksudkan tak hanya untuk mendapatkan fakta seberapa kencang laju motor tersebut, tetapi juga seberapa tanguh dan kuat dia. “Rencananya, kami akan memasarkannya mulai tahun 2020. Dia diharapkan menjadi bintang di Ducati World Premier 2020, dia akan menjadi model naked bike berperforma tinggi,” tuturnya.

Ducati Streetfighter V4 – dok.Ducati

Jika Domenicali menyebutnya sebagai model baru Panigale V4 versi “telanjang” atau naked sungguh beralasan. Pasalnya, mesin yang diusungnya juga sama dengan Ducati Panigale V4, yakni Desmosedici Stradale V4.

Hanya, Ducati belum memberikan rincian apapun secara resmi soal spesifikasi. Informasi lengkap akan diberikan pabrikan pada saat motor ini resmi diluncurkan di hajatan pameran motor dunia EICMA 2019, November mendatang, di Milan, Italia.

Namun, sekadar catatan, mesin berkapasitas 1.103 cc yang diusung Ducati Panigale V4 fairing diketahui bertenaga 214 hp dengan torsi 124 Nm. Namun, namun Ducati tentu akan menyesuaikan motor tersebut  sebagai motor untuk berkendara di jalan raya.

Perbedaan lainnya, tentu pada tampilan. Selain tak ada fairing alias ‘telanjang”, setangnya pun setang lebar. Hanya, bagaimana persisnya tampilan itu, hingga kini Ducati belum mau memberi informasi secara rinci. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This