Banyak Orang Kaya Indonesia Kepoin Toyota Supra

Banyak Orang Kaya Indonesia Kepoin Toyota Supra
Akhirnya Toyota resmi meluncurkan mobil sport ikonik, Supra 2020, di Detroit Auto Show 2019. dok. Motor1.com

Jakarta, Motoris – Rencana kehadiran mobil sport ikonik Toyota – yakni Toyota Supra – ke Indonesia telah membetot perhatian dan rasa ingin tahu, bahkan memantik rasa ingin tahu banget alias kepo dari orang-orang tajir di Tanah Air. Meski belum dipastikan kapan tepatnya diluncurkan, seperti apa spesifikasi untuk pasar Indonesia, plus berapa harganya, tapi pertanyaan dari orang-orang tersebut bertubi-tubi diajukan ke Toyota Indonesia.

“Order (pemesanan) belum ada. Karena kita memang belum launching (luncurkan) dan belum kita informasikan spesifikasinya. Tetapi yang bertanya ke kita (mulai dari kapan peluncuran, harga, hingga spesifikasi, dan layanan purna jual) sudah banyak, dan terus ada saja yang bertanya ke diler atau TAM (PT Toyota Astra Motor). Cuma kita minta tunggu ya, kalau launching baru secara resmi, karena sekarang belum ada harganya belum ada kepastian” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat ditemui di sela acara Toyota Dream Car Art Contest di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (22/6/2019).

Tamplan belakang Toyota Supra – dok.Istimewa

Mobil yang juga kembaran dari BMW Z4 itu, hingga kini juga belum diputuskan berapa harga jualnya di Indonesia. Bahkan, meski di situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, beberapa waktu lalu menyebutkannya, Rp 1,492 miliar.

“Harga belum final. Belum putus,” kata Anton.

Dia juga mengaku belum bisa menyebutkan apakah Supra yang bakal dijajakan di Indonesia ini yang versi bermesin 3.0 liter atau 2.0 liter. Namun, yang pasti, sebagai mobil ikonik dan melegenda, Toyota Supra merupakan produk ekslusif yang berada di nieche market alias ceruk pasar yang benar-benar ekslusif dan terbatas.

Akio Toyoda menghadiri langsung kelahiran generasi terbaru Toyota Supra di Detroit Auto Show 2019. dok. Motor1.com

Unit terbatas hingga lelang
Toyota tak membuat Supra sebanyak mobil biasa. Demi ekslusifitas, itulah alasannya. Sehingga tak heran jika di banyak negara – termasuk di Eropa, Amerika, atau Jepang sendiri – mobil ini menjadi incaran orang-orang “berkantong tebal” dan penjualannya ludes dalam waktu singkat.

Bahkan, saking banyaknya peminat yang mengantre, Toyota di Australia memberlakukan sistem lelang. Siapa yang memberi tawaran harga tertinggi dialah yang memenangkannya. Maklum, di negara itu, Toyota hanya kebagian 100 unt saja. Dan ternyata tak lebih dari 10 menit, semua unit sudah terjual.

Lantas, akankah Indonesia menggunakan cara seperti yang ditempuh Toyota Australia? Anton memastikannya tidak akan memakai cara itu. “Kita selama ini tidak punya pengalaman seperti itu (lelang),” ucapnya.

Nilai Jual Kendaraan Bermotor Toyota Supra 3.0 L di situs resmi Badan Pajak dan Retribusi DKI Jakarta – dok.Motoris

Mobil ini diproduksi dalam dua varian pilihan mesin. Pertama, 2.0 l dan 3.0 liter empat silinder segaris dan enam sulinder segaris. Varian enam silinder bertenaga 197 – 340 PS dengan torsi 500 Nm yang disalurkan ke roda menggunakan Sports Automatic Transmission delapan tingkat percepatan.

Kabar yang menyeruak akhir-akhir ini menyebut, Supra bakal diluncurkan di hajatan Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE Serpong, Tangerang, 18-28 Juli nanti. Hanya, lagi-lagi, Anton mencoba mengelak untuk memastikannya. “Yang pasti segera,” kata dia. (Ara)

 

 

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This