Pakai Genio, Cukup 1 Liter Bisa Ngacir Sampai 59,1 Km

Pakai Genio, Cukup 1 Liter Bisa Ngacir Sampai 59,1 Km
Genio disebut cocok sebagai kendaraan harian - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Skutik terbaru besutan Honda, Genio, diklaim memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 1 liter untuk jarak 59,1 kilometer (km). Selain itu, meski mesin 110 cc yang diusung skutik ini memiliki rasio kompresi yang tinggi, namun bahan bakar yang dikonsumsinya tak harus beroktan tinggi.

Seperti diungkapkan data spesifikasi Genio yang dilansir PT Astra Honda Motor (AHM), ihwal tingkat konsumsi bahan bakar Genio tersebut telah dibuktikan melalui tes internal Honda Indonesia. Artinya, dengan bermodal bahan bakar sebanyak 4,2 liter – sesuai dengan kapasitas maksimal tangki banah bakar- maka Genio mampu menempuh jarak 248 kilometer.

Honda juga memastikan, mesin yang diusung Genio ini merupakan mesin eSP versi anyar. Artinya, baik secara teknis maupun konstruksi juga baru.

Genio dibekali mesin eSP generasi terbaru – dok.Motoris

Penyempurnaan baru yang dilakukan para insinyur Honda antara lain menyentuh piston. Piston yang berdiameter 47 milimeter (mm) ini langkahnya dibuat lebih panjang, yakni 63,1 mm.

Sehingga rasio kompressi mesin pun lebih tinggia, yakni 10,0:1. Dengan kompressi yang lebih tinggi, berarti proses pembakaran bahan bakar di mesin juga berlangsung dengan lebih sempurna. Ujungnya, tingkat konsumsi bahan bakar motor juga lebih irit.

Tak perlu Oktan tinggi
Namun, menariknya, seperti diungkapkan Assistan Chief Engineer Honda Co. Ltd, Makoto Dohi, meski tingkat kompresi yang tinggi seperti itu, tak berrati Genio harus mengonsumsi bahan bakar beroktan tinggi.

“Kami merancang mesin ini agar bisa mengonsumsi bahan bakar yang biasa digunakan (motor-motor) entry level di Indonesia.Jadi, motor ini (Genio) tidak harus menggunakan bahan bakar dengan oktan yang terlalu tinggi,” paparnya saat presentasi soal teknis di peluncuran Genio, di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Honda Genio mengusung mesin 109,5cc SOHC, berpendingin udara. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 8,87 hp pada putaran mesin 7.500 rpm, dengan torsi maksimal 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Tampilan varian spesial Genio – dok.Motoris

Ada dua tipe yang disuguhkan Honda di Genio dengan 11 varian warna, yani CBS dan CBS-ISS (Idling Stop System). Tipe CBS dibanderol Rp 17,2 juta on the road (OTR)Jakarta ini tersedia dalam lima warna, yakni Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver.

Sedangkan tipe CBS-ISS dihargai Rp 17,7 juta OTR Jakarta. Tipe ini disuguhkan dalam enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, serta Fabulous Matte Black yang merupakan varian spesial. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This