Diminati Politisi, Volvo Jual XC90 Kebal Peluru dan Bom

Diminati Politisi, Volvo Jual XC90 Kebal Peluru dan Bom
Volvo XC90 lapis baja - dok.Motor1

Goteborg, Motoris – Parikan mobil asal Goteborg, Swedia – yang kini mayoritas sahamnya dibeli Geely – Volvo Cars, akhirnya meluncurkan varian SUV Volvo XC90 yang berlapis baja. Langkah itu merupakan jawaban atas permintaan dari berbagai kalangan di dunia terhadap mobil yang tak mempan terjangan peluru maupun ledakan bom.

Seperti dilaporkan laman Motor1 dan Carscoops, Volvo mengklaim XC90 lapis baja ini telah sesuai dengan standar mobil kebal peluru dan ledakan. Dia berada di peringkat kedua di daftar VPAM VR8. Daftar ini merupakan pemeringkatan yang dibuat oleh organisasi riset tentang pengembangan kendaraan lapis baja yang kebal peluru dan ledakan bom.

“Dengan berada di peringkat VPAM VR8 itu, artinya (Volvo XC90) ini memiliki ketahanan balistik 360 derajat serta kebal terhadap ledakan (bom atau granat). Sehingga membuat para pelanggan penggunanya tenang,” papar Executive Marketing Special Vehicle Volvo, Stephan Green.

Mesin Volvo XC90 lapis baja tak diubah sama sekali – dok.Autocar

Kendati dilapis baja, namun tak berarti sifat dasar Volvo XC90 berubah. Meski, bobot mobil ini bertambah 1,4 ton atau jika terisi penuh dengan lima orang, beratnya menjadi 4,49 ton.

Pertambahan bobot sebesar itu terjadi karena ketebalan lapisan baja yang digunakan mencapai 10 milimter (mm0. Sementara ketebalan kaca mencapai 50 mm. Untuk mengimbanginya, pabrikan merombak bagian sistem suspensi dan perangkat pengereman agar sesuai.

Baja juga digunakan untuk melapisi rangka kaca. Kaca jendelanya sendiri juga tahan terhadap terjangan pelor senjata. Selebihnya, tidak ada perbedaan dengan versi reguler.

Rencananya, Volvo mulai menjualnya pada semester pertama tahun 2020 nanti. Negara-negara yang dituju pada tahap awal adalah negara di wilayah Amerika Latin dan Eropa.

Selain bodi yang dilapisi baja, rangka jenela juga. Sementara kaca yang digunakan juga tak tembus peluru – dok.Drive

Tapi, Volvo XC90 ini bukanlah mobil lapis baja pertama pabrikan yang berdiri sejak 1927 itu. Sebelumnya, Volvo juga telah menyuguhkan XC60 T6 AWD Inscription dan XC90 T6 AWD Inscription. Para pebisnis top dan kalangan politisi disebut menjadi pemesan terbanyak dari kendaraan itu. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS