Enam Bulan Pertama, Toyota Rush Masih Teratas

Enam Bulan Pertama, Toyota Rush Masih Teratas
Toyota All New Rush - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Toyota Rush masih menguasai pangsa pasar Low SUV di Indonesia di rentang waktu enam bulan pertama atau semester pertama tahun ini. Bahkan, di internal Toyota, mobil ini menjadi kontributor penjualan terbesar kedua setelah Avanza.

“Dari hitungan secara cepat, sepanjang Januari-Juni kemarin, wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) Toyota Rush mencapai 29.300-an unit. Sedangkan retail sales-nya 28.500-an unit,” kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Sedangkan di bulan Juni, baik wholesales maupun retail Toyota Rush menyusut dibanding bulan sebelumnya. Tercatat, jika di bulan Mei, wholesales masih sebanyak 6.300-an unit, namun di Juni hanya 2.800-an unit.

Sementara pada bulan Mei, penjualan retail yang dibukukan sebanyak 5.600-an unit. Tetapi di bulan berikutnya hanya 3.600-an unit.

Interior Toyota All New Rush – dok.Paultan.org

“Ini ada beberapa penyebab. Pertama, di Mei kita memang memperbesar wholesales sebagai stock ke diler karena di bulan itu merupakan bulan dimana masyarakat menyiapkan kendaraan untuk berlebaran,” ujar Soerjo.

Kedua, di bulan Juni, jumlah hari kerja juga relatif lebih sedikit dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sebab, di bulan itu banyak hari libur saat Idul Fitri tiba dan persiapan cuti menjelang maupun setelah hari raya.

Masih teratas
Tetapi yang pasti, volume penjualan Toyota Rush ini masih teratas dibanding para pesaing. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) menunjukan, di sepanjang empat bulan pertama atau Januari-April, dari total penjualan SUV Toyota yang sebanyak 26.105 unit, Rush menjadi yang terlaris. Mobil ini terjual sebanyak 20.010 unit.

Toyota Rush (warna putih) diantara sedan Vios, dan crossover All New CHR mendapatkan rating tertinggi yakni 5 bintang dalam uji yang dilakukan oleh ASEAN NCAP – dok.TAM

Sukses Rush di paruh pertama tahun ini, melanjutkan kegemilangan selama tahun lalu. Di tahun 2018 kemarin, Rush membukukan penjualan 53.145 unit dari total penjualan seluruh SUV yang sebanyak 129.494 unit.

Dia mengungguli saudara kembarnya, Daihatsu Terios yang terjual 31.453 unit, dan kompetitor dari Honda, yakni Honda HR-V dan BR-V yang masing-masing laku 30.610 dan 9.143 unit.  (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This