Eclipse Cross Menyodok, Honda CR-V Cs Wajib Waspada

Eclipse Cross Menyodok, Honda CR-V Cs Wajib Waspada
President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura berfoto bersama SUV Eclipse Cross - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan SUV kompak terbaru, Eclipse Cross, di Jakarta, Selasa (9/7/2019) dengan dengan harga tak lebih dari Rp 500 juta. Kehadiran SUV lima kursi ini tentu bisa menjadi ancaman bagi para pesaing terutama Honda CR-V 1.5 Turbo, Mazda CX-3, Toyota C-HR, dan lainnya.

Seperti diungkapkan Director of Sales Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro, banderol Eclipse Cross yang dijajakan perusahaannya tak akan lebih dari Rp 500 juta.

“Harga tidak lebih Rp 500 juta. Dan Eclipse Cross ini kami hadirkan (untuk saat ini) hanya satu varian yakni Ultimate AT two Wheel Drive (varian tertinggi). Ini (harga) tentu saja sangat kompetitif (dibanding para pesaing,” papar Irwan usai pengenalan mobil tersebut, di sebuah hotel di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2019).

Faktanya, Honda CR-V 1.5 Turbo juga dibanderol di bawah Rp 500 jutaan, tepatnya Rp 480 juta. Dari sisi teknis khususnya jantung pacu, Eclipse Cross juga berada di rentang kubikasi yang sama dengan SUV andalan Honda Motor tersebut.

Tampilan samping Mitsubishi Eclipse Cross – dok.Motoris

SUV yang akan diluncurkan secara resmi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 Juli nanti ini dibekali mesin 1.5 liter DOHC MIVEC Turbocharged dengan tenaga 147,9 hp pada putaran mesin 5.500 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada  2.000 – 3.500 rpm yang disalurkan ke roda dengan transmisi CVT delapan tingkat percepatan.

Namun yang pasti, tiga berlian selalu mengunggulkan fitur keselamatannya yang akhirnya menyabet bintang lima ASEAN NCAP pada November 2017 lalu, meliputi

Semburan tenaganya mencapai 160 hp pada putaran mesin 5.500 rpm dengan torsi maksimum 250 Nm pada 1.800 – 4.500 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis delapan tingkat percepatan.

Ancaman ke Honda CR-V
Mobil yang diposisikan antara Mitsubishi Outlander dengan Mitsubishi Pajero Sport diklaim memiliki spesifikasi dan fitur berstandar global. Kehadirannya menjadi pelengkap portofolio varian produk SUV Mitsubishi Indonesia.

Terlebih, tren yang ada – SUV 1.5 Turbo dengan lima kursi juga telah menggejala di Indonesia – juga harus dijawab oleh MMKSI. Tetapi, yang pasti, Honda CR-V juga tak bisa memandang enteng kehadirannya.

Terlebih, jagoan Honda Motor di Indonesia ini, dalam beberapa bulan terakhir sejak awal 2019 penjualannya juga terseok, bahkan “diasapi” SUV sekelas besutan merek asal Cina, Wuling Motors, yakni Almaz.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang Mei lalu, Wuling Almaz terjual (wholesales) sebanyak 1.130 unit. Sedangkan Honda CR-V hanya 750 unit.

Tampilan Eclipse Cross dari sudut kiri samping belakang – dok.Motoris

Bahkan, sejak bulan pertama dijual Almaz dijajakan– yakni setelah peluncuranya tanggal 23 Januari 2019 – juga sudah mampu meninggalkan CR-V. Pada Februari, misalnya, Almaz terjual 568 unit atau 34 unit lebih banyak dibanding Honda CR-V yang hanya terjual 534 unit

Di bulan Maret, lagi-lagi Almaz masih yang terbayak. Saat itu, 397 unit Almaz dikirim ke diler. Sementara, Honda CR-V hanya 270 unit.

ika dengan pemain baru – di Indonesia – saja, Honda CR-V sudah “diasapi”, tentu Honda CR-V wajib waspada dengan Mitsubishi yang noatbene jaringan dan citra mereknya sudah cukup mapan di Tanah Air. Terlebih ceruk pasar segmen SUV 1.5 lima kursi ini tidaklah sebesar SUV tujuh kursi.

“Seperti halnya MPV, di SUV pun yang five seater (lima kursi) memang lebih kecil (porsinya) dibanding yang seven seater (tujuh penumpang),” sebut Irwan Kuncoro.

Yang perlu dicatat, Eclipse Cross mulai dijual dan dikirim ke pembeli pada September nanti. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This