Mitsubishi Outlander Sport Sudah Mendekat Titik Tamat

Mitsubishi Outlander Sport Sudah Mendekat Titik Tamat
Mitsubishi Outlander Sport - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan masih menjual SUV lima penumpang Mitsubishi Outlander Sport, meski saat ini stoknya sudah terbatas. Kabar kemungkinan dihentikannya penjualan SUV tersebut menyusul semakin remuknya penjualan tak dijawab secara gamblang petinggi MMKSI.

Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura, usai memperkenalkan varian anyar SUV Mitsubishi Eclipse Cross di Jakarta, Selasa (9/7/2019) malam lalu secara tegas mengatakan pihaknya masih menjualnya. “Kami masih menjualnya sampai saat ini. Masih bisa dibeli. Jadi, jika ingin membeli Outlander Sport, sebaiknya saat ini karena stoknya juga sudah menipis,” papar dia.

Nakamura juga sempat memberi penjelasan secara tersirat, bahwa pihaknya suah memiliki rencana terhadap Outlander Sport tersebut. Hanya, dia tak secara tegas menyebutkan apakah rencana itu penghentian penjualnnya terkait dengan hadirnya versi anyar atau yang lainnya.

Tetapi, yang pasti, penjualan mobil ini memang “kembang kempis” dari bulan ke bulan di tahun ini. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan di rentang waktu lima bulan pertama atau dari Januari-Mei lalu, Outlander Sport hanya terdistribusi sebanyak 77 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Outlander Sport – dok. Republika Online

Kalau dilihat saban bulannya, naik turun. Pada Januari misalnya, hanya 10 unit. Kemudian di bulan berikutnya, naik 22 unit.

Kemudian berikutnya, dari Maret hingga Mei, masing-masing tercatat 23 unit, 9 unit, dan 13 unit. Artinya, jika dirata-rata, saban bulan yang terdistribusi tak sampai 20 unit.

Sementara,indikasi bahwa stok yang ada saat ini merupakan stok pamungkas alias enghabisan, juga tersirat dari pernyataan Direktur Penjualan MMKSI yang hadir di tempat yang sama. “Bisa ditambah, atau bisa juga tidak. Karena itu bagian dari strategi marketing,” ungkap dia tanpa menyebut volume stok yang ada saat ini.

Tetapi, fakta juga berbicara, penjualan mobil ini terus lembek tak lama setelah diluncurkan tahun 2012 lalu. Bahkan di bawah angka 5.000 unit. Sepanjang tahun 2018 lalu, penjualannya ke diler (wholesales) hanya 816 unit.

Outlander Sport yang mengusung mesin 2.0 liter ini di pasar bersaing ketat dengan Honda HR-V 1.8 prestige. Dia dibanderol Rp 338 – 383,5 juta. Sedangkan pesaingnya dihargai Rp 400 jutaan.(Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This