Ini Keunggulan Fitur WIND di Wuling Almaz Anyar

Ini Keunggulan Fitur WIND di Wuling Almaz Anyar
Ilustrasi, fitur perintah suara WIND di Wuling Almaz versi terbaru - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Mengiringi kehadiran varian baru di model SUV andalannya – Wuling Almaz – yakni Almaz 7-penumpang yang diluncurkan secara resmi di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Wuling Motors Indonesia memperkenalkan fitur anyar perintah suara (voice command) bernama WIND.

Perintah dalam bahasa Indonesia di sistem tersebut diklaim sebagai pertama kalinya di Indonesia. “Memang, fitur voice command sebagai fitur di mobil bukan barang baru, bukan hanya di dunia tetapi juga di Indonesia. Tetapi, untuk perintah yang menggunakan bahasa Indonesia, itu yang pertama kalinya di Indonesia,” tutur Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, saat ditemui di sela peluncuran resmi Almaz 7-penumpang di arena GIIAS 2019, ICE, Serpon, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

Pengoperasian fitur ini cukup mudah. Seperti dijelaskan, Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko ada tiga cara untuk memulai penggunaan. Pertama dengan menggunakan kata kunci atau sandi “Halo Wuling”.

“Kata kunci halo wuling ini sekaligus seperti verifikasi voice recognition untuk menggunakan WIND. Suara ini akan dideteksi oleh sistem yang kemudian akan dijawab ‘halo’. Setelah selesai dijawab itu, barulah pengguna bisa memberi perintah dengan suara,” kata Danang, saat Media Briefing Informasi varian Smart Technology SUV Wuling, di arena GIIAS 2019, Jumat (19/7/2019).

Ilustrasi, opsi kegiatan yang bisa dioperasikan melalui perintah suara WIND – dok.Istimewa

Cara kedua dan ketiga, masing-masing adalah dengan menekan tombol yang berada di di head unit, dan menekan sebuah tombol di setir. Suara pemberi perintah, dideteksi oleh mikrofon yang berada di panel instrumen atas yakni di dekat spion tengah dan di area tombol buka-tutup sunroof.

“Dengan letak mikrofon yang seperti itu, maka semua penumpang juga bisa dengan mudah memberi perintah suara. Bahkan, penumpang yang duduk d kursi baris ketiga. Tetapi dengan catatan, saat kondisi kabin sunyi,” ata Danang.

Kosa kata
Danang juga memastikan, sistem pada fitur ini sudah mengadopsi berbagai kosa kata di bahasa Indonesia yang berkaitan dengan perintah dan pilihan fungsi. Fitur ini bisa digunakan untuk aktifitas tertentu.

Untuk saat ini, ada beberapa aktifitas yang bisa dituruti fitur perintah suara tersebut, yakni ‘telepon seseorang’, ‘hubungi ’, ‘telepon ’. Selain itu, juga perintah dengan menyebutka angka nomor telepon untuk dihubungi. Misalnya “tolong hubungi atau tolong telepon nomor….”, perintah buka tutup sunroof, mengaktifkan AC, mengecilkan tingkat intensitas suhu AC, dan lainnya.

Wuling Indonesia bekerjasama degan Wuling Motors di Cina, kata Danang, juga akn terus mengembangkan fitur tersebut. Hal itu, untuk meningkatkan fungsi menjalankan perintah dan kebutuhan pengguna mobil.

Wuling Almaz 7-penumpang yang dilengkapi fitur WIND – dok.Motoris

“Bahkan, nantinya bisa menggunakan bahasa-bahasa gaul. Begitu juga dengan fungsi-fungsi yang dijalankan fitur ini,” ucap Danang.

Sementara, di tempat yang sama, After Sales Director Wuling Motors Indonesia, Taufik S. Arief, mengatakan fitur WIND ini bisa digunakan oleh Wuling Almaz versi sebelumnya. Wuling Indonesia memberi kesempatan kepada para pemilik mobil yang berniat melakukan up-grade fitur Wuling Link di mobilnya dengan menambahkan WIND, pada Agustus nanti.

Ilustrasi fitur Wuling Link di Wuling Almaz – dok.Motoris

“Silahkan hubungi dan kemudian datang ke diler kami. Proses ini diberikan secara gratis,” imbuh dia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This