Bus Double Decker Mewah Adiputro, Dek Bawah Muat Supercar

Bus Double Decker Mewah Adiputro, Dek Bawah Muat Supercar
Tampilan depan SDD Jetbus 3 Voyager - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Karoseri kondang asal Malang, Adiputro, kembali membuat catatan sejarah baru dengan bus baru varian Super Double Decker (SDD), Jetbus 3 Voyager, yang dipamerkan di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Menariknya, bus tingkat yang telah dibeli PO Pandawa itu, dek bagian bawahnya digunakan sebagai kargo untuk mengangkut sebuah supercar.

“Kebetulan saat ini dikenalkan ke publik di GIIAS 2019 ini, kargo bus SDD Jetbus Voyager ini digunakan untuk mengangkut sebuah mobil (supercar) Mercedes-Benz coupe,” tutur eksekutif Adiputro, Jesse Jethrokusumo, saat ditemui di booth Adiputro GIIAS 2019, di ICE, Serpong, Tangerang, Sabtu (20/7/2019).

Untuk menaik-turunkan bus ke atas kargo atau bagasi maupun menurunkannya, kata Jesse, menggunakan hidrolik yang dioperasikan secara elektronik. Dek khusus – tambahan – sebagai landasan mobil akan dikeluarkan dari dalam bagasi tersebut secara elektronik.

Bus double decker SDD Jetbus 3 Voyager garapan karoseri Adiputro yang dipmaerkan di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Setelah menjulur keluar kaki dek akan keluar dan menapak ke tanah dengan kuat. Setelah itu, mobil yang akan diangkut dimajukan ke atas dek tersebut, untuk selanjutnya dimasukan ke kargo atau bagasi bus. Jadi praktis dan cepat.

“Bus ini menggunakan chassis Mercedes-Benz OC500RF 2542, yang merupakan flagship chassis Mercedes-Benz di Indonesia,” kata Jesse.

Sekadar catatan, chassis ini dibekali mesin OM457/LA turbo intercooler dengan kubikasi 11.967 cc. Semburan tenaganya mencapai 422 hp dan torsi 1.900 Nm.

Ruang cockpit alias ruang operasional kemudi SDD Jetbus 3 Voyager – dok.Motoris

Setelah dibalut bodi karoseri, panjang bus ini menjadi 13.500 milimeter (mm), lebar 2.500 mm, dan tinggi 4.150 mm. Mercedes melengkapinya dengan sistem keamanan berupa, disc break, Electronic Stability Programe atau sistem anti-selip, sistem pengereman elektronik (EBS), ABS (Antilock Breaking System), serta retarder untuk memastikan daya pengereman dan ASR Sistem pengereman.

Bus pariwisata premium
Sesuai dengan layanan PO Pandawa – sebuah perusahaan otobus di Pasuruan, Jawa Timur, yang melayani jasa angutan pariwisata, bus SDD Jetbus 3 Voyager ini juga menjadi angkutan wisata premium. Jika di bagian bawah digunakan mengangkut mobil sport mewah, dek bagian atasnya diisi kursi dan meja.

Sofa di bagian ruang tengah, bisa menjadi tempat bersantai sepanjang perjalanan di SDD Jetbus 3 Voyager – dok.Motoris

Ada tiga bagian ruang. Ruang pertama yang berada persis di belakang sopir, merupakan tempat duduk penumpang, dengan formasi kursi 2 di sisi kanan dan 1 di sisi kiri. Sedangkan di bagian belakangnya – tanpa disekat- terdapat sofa yang menghadap ke bagian samping sisi kiri. Ruang ini bisa menjadi ruang santai.

Ruang paling belakang SDD Jetbus 3 Voyager diisi dua meja dan empat kursi yang bisa digunakan untuk ruang makan atau meeting – dok.Motoris

Dan yang ketiga, atau bagian belakang terdapat ruang makan – yang disekat dengan pintu yang dibuka tutup. Ruang ini multigungsi, yakni bisa menjadi ruang menggelar rapat, ruang makan, sekaligus ruang merokok. Ada dua meja plus empat kursi yang saling berhadapan, plus pantry kecil. Total jumlah kursi di bus ini sebanyak 24 kursi plus meja.

Sedangkan toilet ditempatkan di samping tangga yang menghubungkan dek atas dan bawah.(Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This