Fitur WIND Wuling Jauh Lebih Mudah dan “Membumi”

Fitur WIND Wuling Jauh Lebih Mudah dan “Membumi”
Wuling Almaz 7-penumpang yang dilengkapi fitur WIND - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Hampir berbarengan Wuling Motors Indonesia dan PT Sokonindo meluncurkan fitur anyar berupa voice command alias perintah suara di SUV masing-masing. Wuling menyematkannya di SUV Wuling Almaz (baik 7 penumpang maupun 5 penumpang), sedangkan Sokonindo menanam fitur tersebut di Glory 580.

Jika dicermati, secara fungsional dan pengoperasian, i-Talk ada beberapa perbedaan dengan fitur voice command Wuling Indonesia Command (WIND) yang dsandang Almaz. Fitur i-Talk diklaim untuk mengontrol berbagai fungsi elektronik mobil.

Ada lima kategori kontrol suara yang disediakan DFSK, yakni kontrol untuk fungsi mobil, multimedia, menjawab panggilan, navigasi suara dan Bluetooth. Tetapi semua perintah-perintah itu harus menggunakan bahasa Inggris.

Misalnya, perintah untuk membuka sunroof harus mengucapkan ‘open sunroof’, mengaktifkan perangkat GPS dengan ‘turn on GPS’. Atau menutup jendela dengan mengucap ‘close window’.

Ilustrasi, fitur perintah suara WIND di Wuling Almaz versi terbaru – dok.Motoris

Sebaliknya, fitur WIND di Wuling menggunakan perintah bahasa Indonesia. Misalnya, perintah untuk menelepon seseorang, menutup kaca, mengaktifkan AC termasuk mengatur besar kecilnya volume atau tingkat suhu. Se,mua cukup dengan bahas Indonesia.

Artinya, melihat dari kemudahan pengoperasian fitur tersebut, Wuling jauh lebih membumi. Dengan meminta maaf karena tidak bermaksud mengecilkan arti kemampuan berbahasa asing masyarakat, Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko, menyebut pengguna akan jauh lebih mudah dengan istilah-istilah setempat yang mudah diucapkan oleh mereka bisa dimengerti oleh fitur WIND.

“Apalagi, Wuling juga berkomitmen untuk terus mengembangkan kosa kata yang bisa dimengerti oleh fitur tersebut. Ke depan, akan ada perintah-perintah suara dalam dialek daerah, atau bahkan bahasa gaul,” tutur Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko, saat ditemui di arena GIIAS 2019, ICE, Serpong, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Artinya, fitur yang disuguhkan Wuling lebih membumi ketimbang pesaingnya tersebut. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This