Toyota GR Supra Masih Gunakan DNA Asli

Toyota GR Supra Masih Gunakan DNA Asli
Toyota Gazoo Racing Supra hadir di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Setelah 17 tahun absen di pasar otomotif global, khususnya di segmen mobil sport, akhirnya Toyota kembali membawa sosok Supra di liga sportscar. Karakter sporty tercurahkan melalui tampilan bodi coupe yang dipadu dengan mesin enam silinder segaris.

Toyota Supra pertama kali dipasarkan pada tahun 1978 dan terus diproduksi hingga tahun 2002 melalui empat generasi. Bahkan hingga kini, Supra generasi keempat masih menjadi incaran para antusias mobil sport di berbagai belahan dunia.

Kehadiran Toyota GR Supra (atau Supra generasi kelima) tetap mengusung DN murni Supra yang telah Toyota terapkan selama empat dekade, yakni nyaman dikendarai tanpa harus ada kompromi dengan performa yang dihasilkan. Sehingga, menghasilkan sensasi berkendara mengagumkan bagi penggunanya.

Toyota GR Supra menggunakan DNA Asli dan spesifikasi global dan diproduksi di Magna Steyr, Austria – dok.Motoris

Sebelum melakukan debutnya di Detroit Motor Show di awal tahun 2019 ini, Toyota GR Supra telah melalui serangkaian uji coba di berbagai trek balap dan jalanan. Tujuannya agar mendapatkan perpaduan terbaik dari sebuah sportcar yang mampu mengakomodir perjalanan setiap saat.

Bersama tim balap Gazoo Racing, Toyota GR Supra versi prototipe diajak berlaga di dalam event balap ketahanan di sirkuit Nurburgring, Jerman. Bukan tanpa alasan, karena keikutsertaan tersebut memungkinkan Toyota menguji batas maksimal GR Supra sebelum dipasarkan secara masal.

Toyota GR Supra selalu menjadi perhatian pengunjung booth Toyota di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Aerodinamis
Secara fisik, Toyota GR Supra terlihat amat aerodinamis, sehingga tak hanya mampu membelah udara dengan mudah di kecepatan tinggi, namun juga mendongkrak stabilitas dan pengendalian. Keunikan eksterior Toyota GR Supra terletak pada bentuk atap ‘double-bubble’ yang berguna untuk meneruskan aliran udara menuju spoiler di bodi belakang. Velg berukuran 19 inci pun turut menunjang pengendalian di kecepatan tinggi.

Interior Toyota GR Supra sengaja dirancang secara simpel dan fungsional, tanpa melupakan aspek kenyamanan berkendara. Instrument cluster yang mudah dibaca oleh pengendara juga menjadi menu utama pada ruang kabin, termasuk sistem multimedia dengan layar sentuh berukuran 8 inci.

Interior Toyota GR Supra – dok.Motoris

Jantung mekanis Toyota GR Supra berasal dari unit 6 silinder berkapasitas 3.0 liter dengan turbocharger, yang mampu menyemburkan tenaga 340 PS dan torsi maksimal 500 Nm. Mesin ini digandengkan dengan transmisi otomatis 8-speed berkarakter sport.

Agar karakter sportscar semakin mencuat, maka gardan Toyota GR Supra pun dilengkapi fitur Limited-slip Differential (LSD) dengan kontrol elektronis. (Adp)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This