Harga Jadi Ganjalan Corolla Hatchback ke Indonesia

Harga Jadi Ganjalan Corolla Hatchback ke Indonesia
Toyota Corolla Sport hatchback yang diluncurkan di Jepang Juni 2018 lalu - dok.Toyota

Tangerang, Motoris – Toyota Corolla Sport hatchback yang Juni lalu diluncurkan di Jepang telah menjadi perhatian para penggemar model-model di trah Toyota Corolla di berbagai belahan dunia. Namun, untuk Indonesia, kehadirannya masih jangan terlalu diharap karena berbagai hal, salah satunya harga.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan Toyota Indonesia mempelajari kemungkinan dipasarkannya setiap model baru yang diluncurkan Toyota untuk pasar global. Termasuk Corolla hatchback tersebut, yang kini juga telah menjamah pasar Eropa, Amerika, dan Australia.

Tetapi, kata Anton, ada aspek yang dirasa cukup berat jika mobil itu dijajakan di Tanah Air, yakni soal harga. “Untuk Toyota Corolla hatchback itu kami juga mempelajarinya berbagai potensinya. Tetapi, mobil ini tidak diproduksi di kawasan Asean, melainkan di Jepang. Sehingga, agak susah kalau mau mendatangkannya ke Indonesia,” papar Anton saat ditemui di booth Toyota GIIAS 2019, ICE Serpong, Tangerang, Jumat (26/7/2019).

Interior depan Toyota Corolla Sport hatchback – dok.Toyota

Seperti dilaporkan Nikkei, beberapa waktu lalu, tak lama setelah peluncuran, di Jpang, mobil itu dibanderol  2,333 – 2,69 juta yen arau sekitar Rp 300 – 346 juta. Harga tersebut belum termasuk pajak.

Harga berlipat

Jika diboyong ke Indonesia dengan memperhitungkan Pajak Penjualan Barang Mewah, import duty, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21, dan lainnya, harga bisa berlipat. Itulah yang dimaksud oleh Anton. “Iya, kurang lebih seperti itu. Kita juga harus melihat berbagai variable atau komponen harga sebelum memasarkan produk impor CBU (secara utuh) itu,” ucap dia.

TErlebih, di Tanah Air, ceruk pasar hatchback tidaklah terlalu besar. Kendati, kompetitor Toyota, ada yang memasarkannya. Namun, dilihat dari pangsa pasarnya, ceruk pasar ini masih di bawah MPV dan SUV di segmen pasar kendaraan penumpang.

“Ada sih segmen hatchback, dan masih terus eksis. Tetapi, kalau dilihat memang tidak sebesar MPV dan SUV. Tetapi untuk ini (Corolla) pertimbangannya bukan semata-mata itu (pangsa pasar yang kecil) tetapi juga lainnya, termasuk harga,” terang Anton.

Tampilan belakang Toyota Corolla Sport hatchback – dok.Toyota

Keluarga Corolla memulai kiprahnya di pasar otomotif pada tahun 1966. Kini setelah lebih dari 52 tahun, penjualannya sudah mencapai 46 juta di 150 negara. Corolla hatchback menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) baru Toyota yang juga digunakan oleh Toyota Prius.

Di Amerika Serikat dan Eropa, mobil ini dibekali mesin 2.0 liter empat silinder yang dipadu dengan transmisi manual – dengan pilihan transmisi otomatis CVT – enam tingkat percepatan.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS