Januari-Juli, 44.000-an Unit Avanza Dibeli Konsumen

Januari-Juli, 44.000-an Unit Avanza Dibeli Konsumen
Toyota Avanza Merah Putih di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juli lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil menjual mobil dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 183.600-an unit dan ke konsumen (ritel) sebanyak 184.400-an unit. Dari jumlah itu, low MPV Toyota Avanza masih menjadi yang terlaris.

Data dari TAM yang disampaikan Executive General Manager TAM, Fransicus Soerjopranoto, Jumat (2/8/2019) menyebut, di rentang waktu tujuh bulan itu, wholesales Avanza mencapai 47.500-an unit. “Sedangkan penjualan ritelnya, 44.000-an unit,” kata Soerjo dalam pesan elektronik.

Dengan penjualan sebanyak itu, Soerjo, optimis Avanza masih yang tertinggi dalam penguasaan pangsa pasar. Hanya, soal berapa persen yang digenggam MPV Toyota itu, dia belum bisa memastikannya.

Toyota Avanza versi terbaru diluncurkan di Jakarta, 15 Januari 2019- dok.Motoris

“Kan untuk data Juli, brandbrand lain belum keluar. Jadi belum bisa dipastikan. Tetapi pada Januari-Juni kemarin (dari enam Low MPV buatan enam merek yakni Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Nissan New Livina), Avanza masih mengenggam 31,4% pangsa pasar,” papar dia.

Di kurun waktu Januari – Juli ini pula, Low SUV Toyota Rush tercatat sebagai penyumbang penjualan terbanyak kedua di keluarga Toyota. Penjualan secara wholesales-nya 34.100-an unit, dan ritel 33.400-an unit.

Dia disusul Toyota Innova yang terjual ke diler sebanyak 30.100-an unit, dan ke konsumen atau ritel mencapai 30.100-an unit. Dan penyumbang penjualan terbesar keempat adalah Toyota Calya.

Toyota Innova yang dipajang di GIIAS 2019 – dok.Motoris

LCGC tujuh penumpang itu terjual ke diler sebanyak 26.900-an unit. Sedangkan penjualan ritelnya sebanyak 31.700-an unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This