Berkah Kembaran Xpander, Livina Topang Penjualan Nissan di RI

Berkah Kembaran Xpander, Livina Topang Penjualan Nissan di RI
Nissan New Livina saat dipmaerkan di hajatan GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari- Juni lalu, Nissan New Livina menjadi penopang penjualan Nissan Indonesia. Di rentang enam bulan pertama itu, mobil yang diluncurkan ke pasar pada Februari ini terjual ke diler (wholesales) sebanyak 7.176 unit dan ke konsumen (ritel) 5.993 unit.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, wholesales Livina itu meningkat tajam dibanding periode sama di tahun lalu yang sebanyak 4.813 unit. Sedangkan penjualan ritelnya, melonjak 33%.

Melihat fakta ini, tentu kesimpulan yang yang menyebut bahwa faktor pembaruan Livina menjadi faktor utama pendorong penjualan. Dan jika berbicara soal pembaruan, tentu ak bisa dilepaskan dari faktor Mitsubishi Xpander. Ya, Nissan New Livina merupakan “kembaran” Xpander, kendati ada ubahan-ubahan sebagai pembedanya.

Mitsubishi Xpander di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Fakta yang lebih riil mengungkap. Begitu diluncurkan pada Februari, Livina baru langsung tancap gas. Angka wholesales-nya menembus 5.045 unit dari Maret – Juni. Jumlah pendistribusian Livina dalam empat bulan itu, setara degan 78% dari total distribusi mobil Nissan yang dijajakan Nissan Motor Indonesia.

Terlepas dari itu semua, Low MPV anyar ini telah mampu mengangkat pamor Livina dan menempatkan diri di atas Low MPV besutan Wuling Motors, Confero. Sebab, seperti diungkapkan Senior Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, dari total penjualan Wuling sepanjang Januari – Juni, Confero menyumbang 30%.

“Penjualan secara wholesales, Januari sampai Juni 2019 sebanyak 7.700 unit, 40% merupakan penjualan Almaz dan 30% Confero, sisnya Cortez dan Formo,” kata Dian, di Jakarta, Kamis (11/7/2019) lalu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This