Pasar Lesu, Truk Tata Masih Pikat Anak Usaha Semen Tonasa

Pasar Lesu, Truk Tata Masih Pikat Anak Usaha Semen Tonasa
Truk Tata Prima 2528.K 6x4 di areal pertambangan - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sejak meluncurkannya di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) terus mendapatkan pesanan truk Tata Prima 2528.K 6×4. Keandalan, ketangguhan, serta ongkos perawatan yang murah menjadi senjata truk ini menembus pasar.

Kabar terbaru menyebut pemegang merek Tata Motors di Indonesia itu menyerahkan pesanan 10 unit tersebut ke PT Topabiring Trans Logistik (TTL), anak perusahaan PT Semen Tonasa. Pembelian terjadi setelah perusahaan tersebut membuktikan keunggulan yang dimiliki salah satu varian truk Tata yang dipasarkan di Indonesia tersebut.

Seperti diungkapkan Direktur Utama PT Topabiring Trans Logistik Muh Masrid, pihaknya telah mempertimbangkan berbagai aspek sebelum memilih truk ini. “Sebelumnya sudah ada evaluasi teknis terkait dengan kebutuhan dan kapasitas pengangkutan. Kita beli dulu 10 unit, nanti tahap selanjutnya, sisanya akan dipesan sesuai kebutuan,” kata dia dalam keterangan tertulis Senin (5/8/2019)

Truk ini dibekali mesin diesel Cummins bertenaga hingga 280 hp pada 2.500 rpm dengan torsi puncak hingga 975 Nm pada 1.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda menggunakan transmisi manual sembilan tingkat percepatan.

Penyerahan truk Tata Prima 2528.k 6×4 secara simobilis kepada Direksi PT Topabiring Trans Logistik – dok.Istimewa

Kapasitas angkutnya mencapai 25 ton, sehingga sesuai dengan kebutuhan dan harapan para konsumen, terutama usaha jasa logistik. Termasuk angkutan di sektor pertambangan.

Menggeliat
Saat ditemui di sela hajatan GIIAS 2019 lalu, Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta menyebut pihaknya sudah melakukan tes selama 2,5 tahun truk itu di area pertambangan. “Tes untuk menguji kemampuan dan ketangguhannya di medan off-road. Selain itu, dari uji yang kami lakukan juga menunjukan interval perawatan truk ini lebih panjang ketimbang truk sejenis di kelasnya,” papar dia.

Sementara dalam siaran pers, Senin (5/8/2019), Biswadev menyebut keunggulan seperi itulah yang menjadi pertimbangan pelanggan terbarunya, PT Topabiring Trans Logistik. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan material dan angkutan semen darat. Serah terima unit dilakukan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Senin (5/8/2019).

Tata Prima 2528K, salah satu andalan penjualan Tata Motors di Indonesia – dok.Motoris

Penjualan yang dibukukan TMDI ini terbilang lumayan. Pasalnya, di waktu yang hampir bersamaan, penjualan truk di Tanah Air tengah dilanda kelesuan. Tata Motors Indonesia terbukti masih mampu menggeliat.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di sepanjang Januari – Juni lalu penjualan truk merosot hingga 23-25% dibanding periode sama tahun lalu. Jumlah unit yang terjual secara ritel hanya 38.000 – 39.000 unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This