Aturan Uji Tipe Segera Terbit, Mobil Listrik Wajib Bersuara

Aturan Uji Tipe Segera Terbit, Mobil Listrik Wajib Bersuara
Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Menyusul ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) Mobil Listrik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (5/8/2019) lalu, kini aturan tentang uji tipe kendaraan listrik tengah dikebut proses penerbitannya. Aturan yang ditargetkan terbit pada September itu memuat berbagai ketentuan spesifikasi yang wajib ada di kendaraan listrik, saah satunya wajib bersuara.

Seperti diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, aturan yang bakal berupa Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) itu telah prosesnya telah final. Draft Permenhub itu kini berada di Kementerian Hukum dan HAM setelah rampung dilakukan harmonisasi.

“Sudah, sudah rampung. Tinggal penomoran di Kemenkum HAM. Ya tunggu-lah, minggu depan. Paling lambat September,” kata Budi saat dihubungi di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Hanya, mantan Widya Iswara Korps Lalu-lintas Polri itu tak bersedia menyebutkan rincian isi dari Permenhub tersebut. Namun, secara singkat dia mengatakan isinya menyangkut keamanan, keselamatan, kemudahan, dan jaminan layanan purna jual dari kendaraan listrik yang bakal dijual kepada konsumen.

“Isinya secara garis besar seperti itu. Enggak hafal saya,” kata dia.

Ilustrasi, sketsa mobil listrik Toyota – dok.Istimewa

Budi tak menampik soal ketentuan yang mewajibkan kendaraan listrik bersuara. Menurut dia, hal itu untuk keamanan bagi pengguna kendaraan maupun orang atau pengguna kendaraan lain di jalan raya.

“Iya, itu (suara) wajib ada. Untuk keselamatan pengguna maupun orang lain di jalan,” ucap Budi.

Suara yang digunakan juga tidak boleh menyerupai suara-suara umum yang sulit dibedakan oleh orang secara umum. Misalnya, tidak boleh mirip dengan suara hewan, klakson, atau sirine.

Selain itu, suara juga tidak boleh melebihi batasan volume suara yang telah ditetapkan aturan tentang suara kendaraan selama ini.Selama ini, ketentuan tentang suara ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This