Terlaris di Daihatsu, Sigra Belum Bisa Kalahkan Calya

Terlaris di Daihatsu, Sigra Belum Bisa Kalahkan Calya
Ilutrasi, mobil LCGC MPV 7 kursi penumpang yang dipasarkan TAM, anak perusahaan Astraa - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski harga lebih mahal dibanding Daihatsu Sigra, namun penjualan Toyota Calya dari diler langsung ke konsumen atau ritel lebih banyak ketimbang LCGC tujuh penumpang besutan Daihatsu itu. Selisihnya pun cukup banyak, sekitar 1.900-an unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang waktu tujuh bulan pertama itu Calya terjual sebanyak 31.700 unit. Sedangkan Sigra hanya 29.923 unit.

Mereka adalah mobil kembar yang sama-sama “menggarap” segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC) di Tanah Air. Dan, Sigra merupakan tulang punggung bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Dia menjadi mobil Daihatsu terlaris di periode tersebut dengan kontribusi mencapai 30%.

Satu hal lain yang perlu dicatat adalah, jumlah penjualan ritel yang dibukukan Sigra pada tujuh bulan itu sudah naik cukup lumayan dibanding periode sama tahun 2018 lalu. Saat itu, penjualan ritel Sigra mencapai 28.029 unit, atau 25% dari total penjualan.

LCGC Daihatsu Sigra di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Data juga menunjukan di sepanjang tahun 2018 itu, Sigra menjadi model terlaris Daihatsu dengan total penjualan sebanyak 50.682 unit. Namun, di saat yang sama Calya terjual sebanyak 63.970 unit.

Artinya, meski menjadi andalan sekaligus menjadi model terlaris Daihatsu, namun Sigra masih belum bisa mengungguli Calya dalam penjualan. Padahal, dari segi harga Sigra lebih murah ketimbang saudara kembarnya itu.

Sigra berbanderol Rp 114 – 154 juta on the road di wilayah Jakarta. Sedangkan Calya, Rp 136 – 156, 6 juta di wilayah yang sama. Memang, dari sisi fitur diantara keduanya berbeda. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This