Mobil James Bond Klasik Terjual Rp 91 Miliar

Mobil James Bond Klasik Terjual Rp 91 Miliar
Aston Martin DB5 - dok.Istimewa

California, Motoris – RM Sotheby, perusahaan lelang mobil klasik asal Kanada berhasil menjual satu unit mobil 1965 Aston Martin DB5 pada harga US$6,38 juta atau setara Rp91,06 miliar. Tingginya harga lelang, tidak lepas dari sejarah mobil itu sendiri yang pernah digunakan oleh aktor Sean Connery saat memerankan tokoh agen legendaris MI6, James Bond di sekuel Goldfinger.

Harga tersebut bahkan berhasil menembus rekor nilai lelang mobil klasik sebelumnya dengan selisih mencapai US$2 juta. Fakta tersebut membuat DB5 sebagai mobil ikonik termahal yang pernah dijual lewat mekanisme lelang.

Dikutip dari Autocar India, Barney Ruprecht, Pakar Mobil Klasik dari RM Sotheby mengaku perusahaannya merasa terhormat bisa menggelar lelang untuk salah satu mobil yang menjadi ikon James Bond.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menawarkan DB5 milik James Bond bersama mitra kami Aston Martin Works dan Aston Martin Lagonda. Kami sangat senang dengan hasil fantastis ini dan bangga telah membuat rekor baru untuk DB5 paling berharga yang dijual di lelang,” kata Ruprecht.

Aston Martin DB5 klasik laku Rp 91 miliar – dok.Istimewa

Sementara Paul Spires, Presiden Aston Martin Works, mengatakan James Bond akan selalu menjadi film legendaris yang identik dengan brand Aston Martin. Oleh karena itu, Spires mengaku tidak terkejut jika hasil lelang DB5 bisa melampaui estimasi. Awalnya, RM Sotheby memperkirakan lelang DB5 yang digelar pada 17 Agustus 2019 di Portola Plaza Hotel, Monterey, California itu akan berakhir di kisaran harga US$4 juta sampai US$6 juta.

“Minat para kolektor dan penggemar Aston Martin dan James Bond di seluruh dunia menggarisbawahi daya tarik global abadi dari perusahaan mobil sportInggris yang hebat ini,” ujarnya.

Lelang Singkat
DB5 milik James Bond memang menjadi bintang utama dari ajang lelang mobil klasik yang digelar RM Sotheby sepanjang malam tersebut. Dibuka dengan pemutaran video pendek DB5 yang dibalut dengan musik khas James Bond, DB5 kemudian meluncur ke dalam ruang acara Portola Plaza Hotel.

Penawaran dibuka dengan cepat dan mantap, dengan enam penawar berlomba-lomba untuk memiliki mobil tersebut. Tidak hanya diikuti oleh para kolektor yang hadir di ruangan lelang, namun penawaran juga terbuka melalui panggilan telepon.

Interior Aston Martin DB5 klasik milik James Bond – dok.Istimewa

Adu kuat penawaran mulai melambat begitu DB5 menyentuh harga US$4,5 juta. Seorang pengunjung kemudian menaikkan tawaran menjadi US$5 juta, sebelum akhirnya ditutup oleh penawaran terakhir dari seseorang yang tidak disebutkan identitasnya pada angka US$6,38 juta.

Pemimpin lelang dari RM Sotheby hanya butuh waktu 5 menit saja sebelum mengetuk palu sebagai tanda mobil terjual kepada seorang penawar di ruangan itu.

Sejarah Aston Martin DB5
1965 Aston Martin DB5 bisa jadi mobil James Bond paling terkenal di dunia. Mobil bernomor rangka DB5/2008/R dan nomor mesin 400/1995 secara khusus dibuat Aston Martin untuk film Goldfinger. Saat ini DB5 yang tersisa di dunia hanya ada tiga unit, termasuk satu unit yang dilelang tersebut.

Seperti halnya mobil-mobil andalan para jagoan utama dalam film, Aston Martin melengkapi DB5 dengan senapan mesin otomatis, pelindung lapis baja, sistem navigasi, alat pelacak, plat nomor berputar, panel atap yang bisa dilepas.

Aston Martin DB5 James Bond dilelang RM Sotheby di California, Amerika Serikat – dok.Istimewa

Selain itu, ada penyemprot minyak, penyebar paku serta asap, dan berbagai alat lain yang dipasang saat mobil itu dibangun. DB5 juga digunakan sebagai mobil promosi untuk film Bond berikutnya, Thunderball.

DB5 yang dilelang RM Sotheby direstorasi oleh Roos Engineering di Swiss pada 2012 lalu sehingga semua peralatan agen Bond yang ada di mobil itu bisa berfungsi kembali. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This