Melonjak 30%, CRF150L Pompa Ekspor Motor Honda

Melonjak 30%, CRF150L Pompa Ekspor Motor Honda
Honda CRF150L varian warna Extreme Red - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Juli lalu PT Astra Honda Motor (AHM) mencatatkan kenaikan ekspor motor Honda CRF150L sebesar 30% dibanding bulan sebelumnya. Kinerja ekspor supermoto Honda ini “memompa” total ekspor yang dibukukan AHM di bulan ketujuh itu sehingga mencapai 26.377 unit.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dalam data yang dikompilasinya menunjukan, pada Juli, total ekspor motor dari Indonesia – dari seluruh merek yang ada – 71.114 unit. Dari jumlah itu, 26.377 unit atau 37% merupakan motor Honda.

Sementara, data yang dirilis AHM menyebut, sepanjang Juli jumlah Honda CRF150L yang diekspor sebanyak 1.200 unit. Pada bulan sebelumnya jumah yang diekspor masih sebanyak 920 unit.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan tingginya minat konsumen terhadap Honda CRF150L di luar negeri memberikan angin positif bagi perusahaan di awal kuartal kedua di tahun ini. Hal ini meningkatkan optimisme kinerja ekspor perusahaan hingga akhir tahun.

Proses pengiriman Honda CRF150L untuk pasar ekspor – dok.Istimewa

“Kami yakin sepeda motor Honda produksi anak bangsa dapat bersaing dengan produk sepeda motor di negara lain. Hal tersebut terlihat dari penerimaan produk ekspor yang sangat baik. Kami berharap hal ini dapat kami pertahankan hingga akhir tahun,” kata dia dalam pernyataan resmi AHM, Rabu (21/8/2019).

Total ekspor AHM sepanjang Juli, lanjut Kurniawati, terdiri dari segmen skutik 23.845 unit, motor bebek 1.032 unit, dan segmen sport 1.500 unit. Selain dalam wujud utuh (CBU), AHM mengekspor sepeda motor secara terurai (CKD).

Pada bulan itu, total motor yang diekspor dalam wujud CKD sebanyak 32.220 set. Motor-motor tersebut dikirim ke sejumlah negara, antara lain Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This