Tantang BR-V, Suzuki XL6 Dibanderol Mulai Rp 195 Jutaan

Tantang BR-V, Suzuki XL6 Dibanderol Mulai Rp 195 Jutaan
Suzuki XL6, Ertiga yang dibuat dengan aura SUV sehingga menjadi crossover alias persilangan antara MPV dengan SUV - dok.Istimewa

New Delhi, Motoris – Versi terbaru Suzuki Ertiga yakni Suzuki XL6 telah menjelma menjadi crossover dan resmi diluncurkan di India Rabu (21/8/2019) untuk “menyedot” konsumen di negeri itu. Tak hanya tampilan yang menjadi andalan untuk menggaet pembeli, tetapi juga formasi dan jenis jok.

Seperti dilaporkan laman India Today dan The Hindustan, Rabu (21/8/2019), untuk memperkuat kesan SUV – yakni MPV dengan karakter SUV – Suzuki India menyesuaikan tampang XL6. Penyesuaian itu terihat mulai dari lampu utama –dengan teknologi quad LED – dengan dimensi ukuran yang lebih besar.

Selaras dengan keberadaan lampu yang seperti itu, grill berbentuk trapesium juga dibuat lebih besar dibanding ukuran grill Ertiga versi sebelumnya Namun ukuran itu masih proporsional.

Panel hitam di sekeliling lampu kabut (fog lamp) dan skid plate di bagian bawah bumper menambah kuat kesan mobil berkarakter SUV. Terlebih dengan kehadiran body cladding hitam yang menjadi over fender, dan skid plate pada bagian bumper belakang.

Peluncuran Suzuki XL6 di India, 21 Agustus 2019 – dok.Istimewa

Tak lupa, Suzuki juga menambahkan roof rail pada atap mobil tersebut. Kehadiran peranti ini seolah menegaskan karakter mobil sport serbaguna, yang sekaligus menjadi pembeda dengan Ertiga yang telah ada.

Menariknya, formasi bangku 2+2+2 dengan jok jenis captain seat pada setiap barisnya menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya soal akses yang lebih mudah tetapi juga kenyamanan penumpang ketika perjalanan jauh menjadi nilai plus dari formasi kursi seperti ini.

Formasi kursi Suzuki XL6 yang masing-masing baris hanya dua unit – dok.Istimewa

Untuk mesin, Suzuki masih mempercayai mesin yang diusung Ertiga sebelumnya, yakni mesin bensin K15, berkapasitas 1.5 liter. Mesin yang disebut telah berstandar BS6 ini menyemburkan tenaga hingga 103 hp dan torsi 138 Nm.

Maruti (Suzuki) India menyuguhkannya dengan teknologi ramah lingkungan hybrid, yakni SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yakni teknologi mild-hybrid. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi manual lima tingkat percepatan.

Namun, Suzuki juga menyediakan pilihan transmisi otomotis empat tingkat percepatan. Sekadar informasi, seiring dengan kehadiran XL6 ini, Maruti Suzuki telah menghentikan produksi dan penjualan Suzuki Ertiga bermesin diesel.

Tampilan belakang Suzuki XL6 – dok.Istimewa

Sementara, dengan serangkaian inovasi ubahan itu, Suzuki India membanderol XL6 senilai 9,79 – 11,46 Lakhs atau sekitar Rp 195 – 228 jutaan. Besaran harga yang cukup menarik, tentunya.

Melihat ubahan dengan penajaman pada karakter SUV – atau merupakan crossover atau persilangan SUV dengan MPV – XL6 ini, jika dibawa ke Indonesia bakal bersaing ketat dengan crossover Honda BRV. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This