Karena Ini, Xpander Gagal Jadi MPV Pertama di Reli Selandia Baru

Karena Ini, Xpander Gagal Jadi MPV Pertama di Reli Selandia Baru
Mitsubishi Xpander AP4 yang menjadi tunggangan pereli Rifat Sungkar di ajang reli internasional - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Low MPV Mitsubishi yakni Xpander direncanakan ikut berlaga di AP4, yakni sebuah kelas reli yang diinisasi oleh Motorsport New Zealand dan Confederation of Australia Motorsport pada 16 – 17 Agustus lalu. Mobil keluarga ini disebut-sebut belum lolos proses homologasi oleh Federasi Otomotif Internasional (Fédération Internationale de l’Automobile/FIA).

Reli yang merupakan alternatif kelas R5 di World Rally Championship (WRC) itu dilangsungkan di Moewai Park Whitianga, Selandia Baru. Xpander AP4 rencananya digeber oleh pereli nasional Rifat Sungkar dengan navigator M.Redwan.

Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya saat dihubungi Motoris, Jumat (23/8/2019) menyebut, kegagalan keikutsertaan Xpander AP4 di reli itu karena masalah permohonan homologasi yang terlambat.

“Keterlambatan partisipasi Xpander AP4 disebabkan oleh prosedur permohonan Homologasi. Saat ini pekerjaan konstruksi Xpander AP4 meliputi sasis, mesin, gearbox dan parts lainnya sudah selesai,” tutur Imam.

Mitsubishi Xpander AP4 – dok.Motoris

Namun, lanjut dia, untuk mencapai Homologasi harus ada prosedur yang dilewati, di antaranya adalah menimbang “body shell” dalam keadaan kosong. Proses homologasi ini dilakukan sebelum Xpander AP4 siap dikirim ke Jakarta dan bergabung dalam acara reli.

“Sebagai informasi,Semua mobil yang bersaing harus mematuhi peraturan AP4 terkait federasi Selandia Baru. Xpander AP4 sebagai mobil MPV pertama di dunia yang bergabung dalam acara reli, juga perlu diperiksa untuk mendapatkan homologasi sesuai alasan keamanan,” jelas Imam.

Dan karena Xpander ini merupakan mobil MPV pertama, sebut Imam, maka ada lebih banyak proses homologasi yang perlu dilakukan . “Akhirnya lebih dari prediksi kami,” ucap dia.

Xpander AP4 saat berupa konsep dan dipamerkan di hajatan IIMS 2019- dok.Motoris

Dengan proses yang tengah dijalani saat ini, MMKSI memperkirakan mobil akan siap sekitar akhir September 2019. “Yang berarti mobil akan bergabung dengan acara di putaran ke-3 di Jambi pada tanggal 19 Oktober,” imbuh Imam.

MMKSI memastikan, bahwa Xpander AP4 tetap disiapkan untuk berlaga pada kejuaraan reli di dalam negeri. Kejuaraan tersebut bakal digelar 3-19 Oktober nanti di Jambi. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This