Mercedes-BenzS 600 Guard, Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi

Mercedes-BenzS 600 Guard, Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi
Mercedes-Benz S600 Guard - dok.Mercedes-Benz

Jakarta, Motoris – Selain mengumumkan pemenang tender mobil dinas baru para Menteri dan Pimpinan Lembaga Negara jatuh kepada Toyota Crown 2.5 HV G-Executive, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) juga memilih Mercedez Bens S 600 Guard sebagai kendaraan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin selama 5 tahun ke depan.

“Dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kemensetneg memutuskan Mercedez Bens Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedez Bens S 600 sebagai kendaraan VVIP Presiden dan Wakil Presiden,” ujar Eddy Cahyono Sugiarto, dikutip dari laman Kemensetneg, Jumat (23/8/2019).

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian. Sebab mobil yang ada saat ini merupakan tahun pembuatan 2008 dan 2009.

Mobil ini akan menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard model sebelumnya yang merupakan warisan dari era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Perangkat khusus berupa lemari es di Mercedes-Benz S600 Guard – dok.Mercedes-Benz

Lantas, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh kuda besi asal Jerman tersebut sehingga mendapat kepercayaan Pemerintah Indonesia bisa memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin? Berikut sejumlah fakta terkait Mercedes-Benz S 600 Guard, dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Luas, mewah, dan luar biasa nyaman
Mercedes-Benz S 600 Guard membuat penumpangnya merasakan kenyamanan maksimal. Tidak hanya itu, luasnya mobil tersebut memungkinkan kedua penumpang melakukan meeting sepanjang perjalanan. Mercedes-Benz S 600 Guard juga dilengkapi dengan peralatan komunikasi dan sistem hiburan lengkap yang membuat penumpangnya bisa tetap terhubung dengan seluruh dunia.

Interior Mercedes-Benz S600 Guard – dok.Mercedes-Benz

Sistem hiburan tersebut terdiri dari TV digital 6,1 inci yang terintegrasi di belakang kursi depan dan mengarah ke penumpang. Serta sumber video lainnya dalam kualitas yang sangat baik dan juga memiliki konektivitas untuk stik memori USB dan pemutar MP3.

Sebuah kompartemen lemari pendingin kecil juga tersedia sebagai aksesoris tambahan jika diinginkan.

2. Mesin 12 silinder dengan 517 hp
Didukung oleh dua mesin turbo 12 silinder yang sangat halus dan mampu menghasilkan 517 tenaga kuda, memungkinkan pengemudi Mercedes-Benz S 600 Guard mengeluarkan penumpang VVIP nya dari zona bahaya dengan cepat.

Tidak hanya cepat, suspensi Mercedes-Benz S 600 Guard dirancang untuk memastikan penumpangnya tetap merasakan kenyamanan yang luar biasa khas Mercedes meskipun kendaraan melaju dengan kencang.

Tampilan belakang Mercedes-Benz S600 Guard yang bakal menjadi mobil kepresidenan atau mobil dinas Presiden Joko Widodo – dok.Mercedes-Benz

3. Kursi pijat untuk penumpang
Kursi belakang Mercedes-Benz S 600 Guard berdesain V12 memberikan kenyamanan tinggi bagi penumpangnya. Bagaimana tidak, kursi tersebut dilengkapi dengan fungsi pijatan dan ventilasi aktif yang membuat penumpang tidak akan merasa kegerahan di bagian punggung.

4. Fitur keamanan tingkat tinggi
Pengemudi dan seluruh penumpang di kursi depan maupun belakang Mercedes-Benz S 600 Guard dipastikan mendapat perlindungan tingkat dewa jika kendaraan tersebut mengalami kecelakaan.

Airbags mobil ini akan menggelembung di bagian depan, samping, serta di dekat seluruh permukaan kaca. Mercedes-Benz S 600 Guard juga dilengkapi dengan sabuk pengaman dengan sistem pengekangan kepala mewah dari NECK-PRO.

Tampilan belakang Mercedes-Benz S600 Guard yang bakal menjadi mobil kepresidenan atau mobil dinas Presiden Joko Widodo – dok.Mercedes-Benz

5. Antiteroris
Mercedes-Benz S 600 Guard memiliki level perlindungan B6/B7, yang menjadi standar keamanan internasional dan menawarkan perlindungan yang maksimal dari serangan teroris.

Material kaca dan badan kendaraan tersebut antipeluru dari senjata kecil standar militer serta mampu melindungi pengemudi dan penumpangnya dari serpihan granat tangan dan bahan peledak lainnya.

Tidak hanya itu, empat roda Mercedes-Benz S 600 Guard juga masih tetap bisa bergerak dalam kondisi kempes tanpa angin. Tangki bensin juga dilengkapi dengan pelindung tambahan dan bisa memadamkan api apabila terbakar. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This