Motor Paling Kencang Sejagat Ini Dibanderol Rp 1,7 Miliar

Motor Paling Kencang Sejagat Ini Dibanderol Rp 1,7 Miliar
Motor PGMV8 - dok.Istimewa

Canberra, Motoris – Menggandeng mantan mekanik MotoGP – Paul G.Maloney – perusahaan asal Australia membuat motor sport yang disebut sebagai motor paling cepat sejagat yang pernah dijual, bernama PGMV8. Mengusung dua mesin Yamaha R1 yang disatukan, motor ini diklaim memiliki tenaga hingga 334 hp.

Seperti dilaporkam laman Automotimesnews dan Visordown, Minggu (25/8/2019), dengan desain yang tak neko-neko alias layaknya motor sport biasa, plus bahan-bahan dari material ringan seperti alumunium dan serat karbon, bobot motor ini terbilang lebih ringan. Total berat keringnya hanya 242 kilogram (kg) atau 50 kg lebih ringan dibanding motor sekelas, Rocket 3.

PGMV8 menggunakan perangkat suspensi Ohlins FGRT301 di roda depan dan monoshock Ohlins TTX Mk2 di roda belakang Pelek yang digunakan dari bahan alumunium besutan Marchesini.

Mesin PGMV8 – dok.Istimewa

Untuk pengereman digunakan cakram berukuran 320 milimeter (mm) dengan kaliper Brembo GP4 Nickel untuk roda depan. Sedangkan di roda belakang, dipasang piringan cakram 220 mm dengan kaliper Brembo P4-34.

Kerangkanya model teralis yang dibuat secara customs dari bahan alloy. Sedangkan untuk subframe digunakan bahan aluminium, dan di sejumlah bagian digunakan material serat karbon.

Perangkat pengereman PGMV8 – dok.Istimewa

Sedangkan mesinnya yang berkonfigurasi V8 disebut mampu menyemburkan tenaga hingga 334 hp pada putaran mesin 12.800 rpm dan torsi maksimal 214 Nm di 9.500 rpm. Untuk memaksimalkan tenaga dipasang spasang knalpot Akropovic – di kanan dan kiri – yang masing-masing terdiri dari dua mulut.

Motor ini bakal dijajakan ke berbagai negara. Untuk pasar Amerika Serikat, bakal dibanderol sekitar US$ 120.000 atau sekitar Rp 1,7 miliaran (kurs 1 dolar AS = Rp 14.213). (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This