Suzuki Kuasai Pasar Pikap di Cirebon

Suzuki Kuasai Pasar Pikap di Cirebon
Pikap Suzuki New Carry dengan mengangkut beban maksimal melibas lintasan menanjak - dok.Motoris

Cirebon, Motoris – Penjualan mobil Suzuki di wilayah Cirebon, Jawa Barat, yang dilakukan PT Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di rentang waktu Januari – Juli lalu, rata-rata mencapai 1.300 unit saban bulan. Dari jumlah ini, 51% lebih merupakan pikap Suzuki New Carry.

Bahkan, seperti dikatakan General Manager PT CDPB, Ricky Herisman, dari sisi pengusaan pangsa pasar, pikap tersebut mendominasi. Dia optimis, hingga akhir tahun pangsa pasar yang digenggam New Carry masih tetap akan sebesar 60% atau malah lebih.

“Cirebon ini memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Barat, sehingga banyak masyarakat yang memiliki ysaha di bidang produk perikanan. Selain itu, kota Cirebon sejak dari jaman dulu dikenal sebagai kota perdagangan, batik, produk pertanian, dari Cirebon banyak dipasarkan ke luar kota terasuk Jakarta atau bahkan ke luar Jawa. Tentu ini membutuhkan sarana angkutan, pikap,” papar Ricky di sela acara “All New Ertiga Tripventure”, Selasa (27/8/2019).

Pikap Suzuki New Carry dengan muatan penuh dengan berat maksimal sesuai yang ditetapkan oleh pabrikan – dok.Motoris

Selain pikap, mobil penumpang besutan Suzuki di ilayah ini juga mendapatkan respon positif masyarakat. Suzuki All New Ertiga misalnya, menyumbang 18% dari total penjualan PT CDPB. Dan berkat penjualan model-model yang ada itu, Suzuki Cirebon berkontribusi 23% ke total penjualan Suzuki di Jawa Barat.

Ricky mengaku, perusahaannya akan terus melakukan penetrasi ke pasar seiring dengan langkah PT Suziki Indomobil Sales (SIS) yang juga gencar melakukan inovasi srtategi di pasar. “Kami akan terus mengembangkan berbagai program yang menarik kepada konsumen,” ucap dia.

Para peserta All New Ertiga Tripventure juga bisa menggunakan metode berkendara Eco Driving untuk memaksimalkan keiritan konsumsi BBM All New Ertiga – dok.Motoris

Pertajam penetrasi di Bali
Gencarnya penetrasi ke pasar juga dilakukan PT SIS I Bali, cara melalui penajaman layanan kepada konsumen. Untuk memperkuat layanannya di wilayah Bali, PT meresmikan outlet 3S (Sales, Service, Spare Parts) dan Body Repair & Paint PT Sejahtera Indobali Trada (SIT) yang berada di Jalan Singaraja – Seririt, Desa Tukad Mungga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali, Sealasa (27/8/2019).

Sebelumnya outlet ini hanya berstatus outlet 1S (Sales). Dan sekarang ditingkatkan statusnya menjadi 3S dan Body Repair & Paint untuk memenuhi permintaan pasar dan kebutuhan pelanggan yang semakin berkembang.

“Dengan kehadiran outlet 3S dan Body Repair & Paint di Singaraja ini kami optimis dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Suzuki di Bali, baik penjualan, purna jual, dan body repair,” tutur 4W Sales Director PT SIS, Makmur, dalam siaran pers, Rabu (28/8/2019).

Diler resmi Suzuki PT SIT, lanjut Makmur, telah hadir dan melayani masyarakat Bali sejak tahun 1992 dan mendapat sambutan positif dari konsumen. Penjualan pikap Carry di wilayah ini melejit sejak saat itu, dan hingga kini masih menggenggam pangsa pasar sebesar 59,4%.

Prosesi peresmian outlet baru dan layanan paint & body repair Suzuki di Singaraja, Bali, Selasa 27 Agustus 2019 – dok.Istimewa

“Selain itu, All New Ertiga berhasil meraih market share sebesar 19,3% di segmen low multiple purpose vehicle periode Januari-Juli (2019) kemarin,” ujar Makmur.

Secara keseluruhan penjualan mobil Suzuki – baik mobil penumpang maupun komersial – di rentang waktu itu mencapai 19% dari total penjualan sekuruh merek di pasar Singaraja.

“Dengan peresmian outlet PT SIT Singaraja, kami optimis dapat mencapai market share sebesar 24% pada tahun 2019 di Singaraja,” imbuh Makmur. (Lut/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This