Ciamik, Motor Retro Modern Honda CBF190TR Anyar

Ciamik, Motor Retro Modern Honda CBF190TR Anyar
Honda CBF190TR versi terbaru varian warna kuning - dok.Zigwheels

Shanghai, Motoris – Setelah Yamaha meluncurkan motor bergaya retro Yamaha XSR155, kini kabar yang menyebut Honda Motor juga memiliki jagoan untuk mengoyak segmen tersebut juga menyeruak. Honda Motor di Cina – yakni Sundiro Honda Motorcycle Limited Company – resmi meluncurkan motor neo retro Honda CBF190TR.

Seperti dilaporkan laman Zigwheels dan Bennets, Kamis (29/8/2019), motor retro bergenre scrambler ini terinspirasi oleh saudara kandungnya, yakni Honda CB300R dan CB650R. Motor ini telah dirancang khusus oleh Sundiro Honda untuk kebutuhan segmen pasar milenial.

Honda CBF190TR ini dibekali mesin SOHC satu silinder berkubikasi 184cc dengan rasio kompresi 9,5:1. Semburan tenaganya mencapai 16 hp. Pabrikan berlambang sayap mengepak itu melengkapinya dengan sistem injeksi bahan bakar, catalytic converter. Alhasil, motor tersebut cocok untuk dipasarkan ke Eropa dan Asia Tenggara, karena standar emisi yang sesuai.

Lampu Honda CBF190TR terbaru dengan bentuk bulat khas motor retro namun dengan teknologi modern LED – dok.Zigwheels

Meski berpenampilan retro, namun Honda melengkapinya dengan sentuhan teknologi modern. Ini terlihat dari bentuk lampu utama yang bulat – khas gaya motor retro – dengan teknologi LED. Bgitu pula dengan speedometer yang telah mengadopsi teknologi digital.

Lampu sein diposisikan lebih tinggi ketimbang lampu utama. Setang lebar juga diposisikan lebih tinggi, dan jok model single seat sehingga posisi pengendara lebih nyaman. Bentuknya datar, gaya khas scrambler.

Sundiro Honda memakaikan garpu inverted telescopic atau garpu upside-down untuk sistem suspensi roda depan. Sedangkan di bagian belakang, monoshock.

Sistem suspensi itu terlihat serasi dengan ban multipurpose yang digunakannya. Sementara untuk pengereman telah dilengkapi perangkat Antilock Braking System (ABS).

Ban Honda CBF190TR adalah ban multipurpose – dok.Zigwheels

Penggunaan ban multipurpose itu seperti menegaskan bahwa motor ini juga bisa digeber di lintasan non jalan raya. Terlebih, keberadaa bash plate pada CBF190TR telah menjustifikasi kemampuan off-road-nya.

Hanya sayang, Sudiro belum merinci infornasi soal spesifikasi. Begitu pun dengan banderol motor tersebut.

Sundiro Honda Motorcyle Limited Company merupakan perusahaan patungan antara Honda Motors Company dengan perusahaan lokal di Cina. Kantor pusatnya ada di Shanghai dan pabrik di Tianjin. Pabrik tersebut berkapasitas produksi 1 juta unit motor dan 1 juta mesin saban tahunnya. (Ara)

Honda CBF190TR versi terbaru diluncurkan di Cina – dok.Zigwheels

CATEGORIES
TAGS
Share This