Puluhan Ribu BMW G310R dan G310GS “Di-Recall”

Puluhan Ribu BMW G310R dan G310GS “Di-Recall”
BMW G310GS ditarik di wilayah Eropa dan Amerika Utara karena sistem pengereman yang bemasalah - dok.Rushlane

Mumbai, Motoris – Puluhan ribu unit motor sport BMW versi ternurah – BMW G310R dan G310GS – di sejumlah negara ditarik kembali (recall) karena bermasalah dalam sistem pengeremannya. Paparan kondisi iklim yang dingin diduga menjadi penyebabnya.

Seperti dilaporkan laman Bike Wale dan Rushlane, Sabtu (31/8/2019), motor-motor tersebut diproduksi BMW AG di India dan kemudian diekspor ke berbagai negara, termasuk Eropa dan Amerika Utara. Di Eropa, penarikan terjadi di Inggris dan beberapa negara lainnya.

Sedangkan di Amerika Utara, seperti dilaporkan National Highway Traffic and Safety Administration (NHTSA), terjadi di Amerika Serikat. Di Negeri Abang Sam ini, jumlah motor yang ditarik mencapai 5.938 unit.

“Masalah terjadi pada sistem rem depan dan belakang. Terjadi korosi pada kaliper yang menghambat pengereman, rem macet. Korosi terjadi setelah terjadai paparan kondisi lingkungan tertentu dan kondisi jalan saat musim dingin dalam jangka panjang,” bunyi pernyataan lembaga tersebut.

BMW G310R – dok.Rushlane

Anehnya, di India – tempat motor itu dibuat – tak satupun dari model-model itu yang ditarik. Semua aman-aman saja. “Tidak ada satu pun dari motor-motor tersebut yang ditarik di India, karena masalah itu,” kata seorang pejabat BMW Motorrad India seperti dilansir The Ultimate Motorcycle, Jumat (30/8/2019).

Selain di India, sejumlah negara di Asia juga menjadi tempat penjualan motor BMW itu. Cina, Thailand, Malaysia, dan Indonesia, tercatat juga menjualnya.

BMW Motorrad memastikan akan memperbaiki kerusakan tersebut tanpa dipungut biaya. Para pemiliki akan segera dihubungi. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This