Setelah Sienta Facelift, TAM Siapkan Model Hybrid Baru

Setelah Sienta Facelift, TAM Siapkan Model Hybrid Baru
Ilustrasi, konsep MPV hybrid Daihatsu yang diperkenalkan di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan Multipurpse Activity Vehicle (MAV) Toyota Sienta versi facelift yang disebutnya sebagai model baru ketujuh yang diluncurka tahun ini, dari 9-10 model yang direncanakan. Dan dalam waktu dekat, agen pemegang merek Toyota di Indonesia itu bakal meluncurkan model baru berteknologi hybrid.

Informasi tersebut terungkap dari pernyataan Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, yang ditemui sesaat sebelum pembukaan secara resmi Toyota Fun/Code, di Jakarta, belum lama ini. “Tunggu saja, tidak lama lagi, kami akan hadirkan model hybrid,” kata dia.

Hanya, Anton tak bersedia menyebutkan varian dari model berteknologi hybrid tersebut. Begitu pun dengan jadwal peluncurannya. Meski isu yang santer terdengar adalah sedan Corolla Altis atau MPV. “Tunggu saja, kita masih punya waktu empat bulan lagi sebelum akhir tahun (2019). Yang pasti, itu (diluncurkan) tahun ini,” ucap dia.

Kehadiran model hybrid ini, lanjut Anton, merupakan bagian dari dukungan Toyota di Indonesia kepada pemerintah dalam menuju kendaraan terelektrifikasi atau kendaraan listrik di Tanah Air. Toyota, sebutnya, akan menggelonotorkan kendaraan terelektrifikasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi yang ada.

Sedangkan, saat ini disebut  kemungkinan varian MPV hybrid yang bakal diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor untuk digelontorkan, Anton juga bergeming. Seperti diketahui, di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE, Serpong, Tangerang, 18-28 Juli lalu, Daihatsu telah memamerkan konsep mobil tersebut.

Toyota C-HR hybrid, salah satu mobil hybrid yang telah dipasarkan PT Toyota Astra Motor- dok.Motoris

“MPV ini sebenarnya upaya kami dalam melakukan kombinasi. Karena di Indonesia mobil paling laku adalah MPV dan generasi saat ini adalah generasi milenial. Jadi kami ingin mencari tahu MPV apa yang paling pas, kalau dengan model ini bagimana respon mereka,” tutur Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra saat memperkenalkan konsep itu di ICE, Serpong, Tangerang, kamis (18/7/2019).

Meski MPV, lajut Amel, namun konsep yang dinamai HYFun itu bukan berarti penerus Daihatsu Xenia (yang merupakan kembaran Toyota Avanza). Pasalnya, segmen pasar yang bakal dibidik MPV tersebut bukan keluarga.

Sekadar catatan, saat ini TAM telah memasarkan sejumlah model hybrid di Tanah Air. Mereka adalah, Toyota Camry Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, dan Toyota C-HR Hybrid. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This