Pertama Kali di RI, Pameran Mobil Listrik IEMS Digelar

Pertama Kali di RI, Pameran Mobil Listrik IEMS Digelar
Poster IEMS 2019 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Untuk pertama kalinya pameran mobil listrik – Indonesia Electric Motor Show (IEMS) – digelar di Tanah Air, pada 4 – 5 September 2019. Hajatan yang mengusung tema ‘Electric Vehicle for Smart Transportation’ ini merupakan sarana untuk menggugah kesadaran masyarakat sekaligus menyiapkan diri dalam menghadapi diseruptive technology dari kendaraan konvensional oleh kendaraan bermotir listrik (KBL).

Salah satu acara di pameran ini adalah peluncuran beberapa mobil listrik oleh sejumah agen pemegang merek (APM) kendaraan. Beberapa merek ikut berpartisipasi di gelaran ini, mereka antara lain Nissan, Wuling, Toyota, Viar, Gesits, dan lainnya.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza – sebagai ketua penyelenggara – hajatan IEMS 2019 itu mengatakan, “Kehadiran IEMS dengan serangkaian peluncuran kendaraan bermotor listrik (KBL) ini merupakan salah satu diseruptive technology, oleh karena itu masyarakat semua harus bisa mengantisipasinya,” tutur dia saat dihubungi, di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Maklum, lanjut dia, proses disrupsi itu ditandai oleh munculnya teknologi baru yang menggantikan market place yang ada sebelumnya. Disruptive innovation, terang Riza, merupakan replacement (penggantian) dari incumbent market (pasar yang telah ada) oleh new market (pasar yang baru) yang kemudian membawa konsekwensi munculnya jaringan nilai yang baru juga.

Ilustrasi,skuter lisrik (Skutrik) buatan anak negeri, Gesits – dok.Motoris

“Oleh karena itu, mengganti kendaraan berbasis fossil dengan KBL ini juga harus dibarengi dengan upaya sosialisasi sekaligus mencermati seluruh perkembangan itu yang kami lakukan melalui IEMS 2019 ini,” papar dia.

Wuling dan Toyota
Salah satu peserta, yakni PT SGWM Indonesia atau Wuling Motors Indonesia Wuling membawa dua mobil listrik yakni Wuling E200 di booth dan Wuling E100. Kedua model tersebut juga siap dicoba oleh pengunjung pengunjung pameran yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, tersebut.

“Kehadiran Wuling E200 dan E100 pada ajang IEMS 2019 merupakan bentuk kesiapan kami dalam memasuki era elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Di negara asalnya, kedua model ini sudah dipasarkan dan kini kami membawanya ke pameran IEMS 2019. Selain itu, para pengunjung berkesempatan merasakan pengalaman berkendara bersama mobil listrik Wuling,”kata Senior Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Salah satu mobil listrik Wuling Motors, E100 – dok.Motoris

Sementara, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyuguhkan sejumlah kendaraan terelektrifikasi. Mereka adalah kendaraan hybrid yakni Toyota C-HR, plug-in hybrid electric vehicle yakni Prius Prime PHEV, battery electric vehicle yaitu i-Road, dan fuel cell electric vehicle berupa Toyota Mirai.

Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, pihaknya mempelajari dan melakukan upaya untuk mendukung penyebar luasan KBL termasuk hybrid, PHEV, Mirai ataupun kendaraan-kendaraan seenis i_road di Indonesia.

Ilustrasi, PT Toyota Astra Motor gencar melakukan edukasi kepada masyarakat soal mobil hybrid. Di hajatan GIIAS 2019, Toyota menyuguhkan sedan Prius hybrid yang dibelah sebagai sarana edukasi – dok.Motoris

“Sekali lagi, melalui acara seperti IEMS ini, kami ingin berbagi kepada publik tentang teknologi lengkap listrik yang tersedia, untuk memulai diskusi dan studi tentang kekuatan dan tantangan dari setiap teknologi yang sesuai dengan kondisi Indonsia,” tutur Soerjo melalui pesan elektronik, Rabu (4/9/2019). (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This