Skutik Listrik Mirip PCX dan Xmax Hadir di IEMS, Harganya Miring

Skutik Listrik Mirip PCX dan Xmax Hadir di IEMS, Harganya Miring
Type MG 1, skuter listrik yang mirip Honda PCX lawas disuguhkan United Bike di hajatan IEMS 2019 di Balai Kartini, Jakarta - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Hajatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) yang pertama kali digelar di Jakarta, 4 – 5 September tak hanya menyuguhkan mobil-mobil terelektrifikasi (listrik) saja, tetapi juga kendaraan roda dua. Sesuatu yang menarik terlihat di booth PT Terang Dunia (TDI) Internusa agen pemegang merek skuter listrik United Bike.

Ya, di booth ini menyuguhkan dua skuter istrik yang secara fisik tampilannya mirip dengan Honda PCX listrik dan Yamaha XMax. Harganya pun jauh lebih miring ketimbang kembarannya (Honda PCX model lama, karena Yamaha XMax belum ada versi listriknya).

“Ini Type MG 1, kalau di masyarakat kana da istilah skutik maxi. Persoalan tampilannya mirip si A, si B, itu kan persepsi orang ya. Tetapi yang ingin kami tawarkan itu, keunggulannya baik dari sisi teknologi maupun harga,” papar Manager Electric Bike Division PT TDI, Andry Dwinanda, saat ditemui di arena IEMS, Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

MG 1 dibekali sebuah motor penggerak listrik dengan kapasitas 3kW dan baterai ion lithium 72V 45Ah. Proses pengisian arus litrik di baterai cukup menggunakan colokan listrik rumah dalam tempo 3-4 jam.

Tampilan depan Type MG1 – dok.Motoris

“Kalau baterai terisi penuh bisa tempuh jarak 100 kilometer. Kecepatan maksimal 100 kilometer per jam.
Hanya, soal basis dari skutik ini, Andry tak bersedia menjelaskannya. Meski, begitu dia menyebut motor yang dirakitnya di Bogor tersebut aman dan tidak menyalahi regulasi yang ada.

“Uji tipe, kan memang aturan bakunya belum ada ya dari pemerintah (untuk kendaraan listrik) tetapi ini sudah diregistrasi (di Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan), sehingga surat-surat enggak perlu khawair karena dalam waktu tiga bulan lagi sudah kelar (rampung),” ucap Andry.

TDI membanderolnya cukup miring yakni hanya Rp 26,9 juta of the road. Harga ini merupakan harga promosi selama hajatan IEMS berlangsung. Pasalnya, banderol awal sebesar Rp 29 juta.

Selain MG1 yang mirip Honda PCX, TDI juga menyuguhkan Type T yang tampilannya sekilas mirip Yamaha Xmax, meski dari dimensi ukurannya lebih ramping dan lebih pendek. Dia mengusung motor penggerak listrik besutan Bosch 1800 Watt dengan baterai ion lithium 60V 28 Ah.

Type T – dok.Motoris

“Ini juga sama, pengisian baterainya 3-4 jam, bisa dicas dari listrik rumah. Kalau baterai penuh bisa menemuh jarak 60 kilometer, dengan kecepatan maksimum 55 kilometer per jam,” ujar Andry.

Banderolnya lebih murah yakni Rp 15,9 juta. Seperti halnya banderol Type MG1, harga tipe ini juga harga promosi selama pameran IEMS berlangsung. Sebab, harga aslinya Rp 18,9 juta.

“Kalau pasar kami optimis, kalau kendaraan listrik itu nanti diberika insentif lebih banyak, harganya lebih murah, biaya lebih murah, dan ada keistimewaan perlakuan di jalan seperti bebas ganjil genap, parkir murah, akan lau. Kita tunggu peraturan yang mau diterbitkan peerintah aja,” imbuh Andry. (Ara)

Type T yang sekilas mirip Yamaha XMax tetapi dimensi ukurannya lebih kecil – dok.Motoris

 

CATEGORIES
TAGS
Share This