Gesits Laku 1.500 Unit, Disebut Bukan Intervensi Pemerintah

Gesits Laku 1.500 Unit, Disebut Bukan Intervensi Pemerintah
Skuter listrik Gesits saat dipmaerkan di hajatan IEMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Chief Executive Officer PT Gesits Technologies Indo (GTI), Harun Sjech, menyebut skutik listrik Gesits yang dijajakannya sejak April lalu, hingga awal September ini sudah terpesan 1.500 unit. Jumlah ini berasal dari pembeli perorangan dan bukan dari instansi pemerintah.

“Ini dari individu-individu. Bukan dari BUMN, bukan dari lembaga pemerintahan, dan lainnya. Kenapa? Kalau pembelian lembaga-lembaga pemerintah kan harus lewat e-catalog. Nah, kita, Gesits, ini belum masuk ke e-catalog. Masih dalam proses,” tutur Harun saat ditemui Motoris, di arena perhelatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Harun membantah kabar yang menyebut lakunya Gesits itu dikarenakan ada campur tangan dari pemerintah berupa permintaan atau anjuran untuk membeli Gesits ke pegawai negeri sipil. “Oh enggak. Enggak ada itu (intervensi pemerintah). Bisa dicek. Ini murni permintaan yang berangkat dari inisiatif dan keinginan individu-individu itu. Profesi mereka beragam kok,” kata Harun.

Skuter listrik Gesits saat dicoba digeber di lintasan seputar area pameran IEMS 2019 – dok.Motoris

Menurut dia, orang tertarik untuk memiliki skutik Gesits karena beberapa hal. Pertama, lanjut dia, tentu dari gaya desain dan teknologi yang diusung oleh motor listrik buatan anak bangsa Indonesia itu. Kedua, harga yang ditawarkan juga tidak terpaut jauh dengan motor konvensional.

“Dimana pun, apakah itu di Eropa, Asia, Amerika, motor listrik itu harganya lebih mahal dibanding motor konvensional. Tetapi, nyatanya, harga Gesits ini hanya terpaut Rp 1 juta saja dibanding motor konvensional. Ini menarik tentunya,” ucap dia.

Gesits saat ini dibanderol Rp24,95 juta off the road. Harga ini belum termasuk pajak yang nilainya diperkirakan mencapai Rp 2-3 jutaan. Dengan total harga sebesar itu, dinilai masih bersaing dengan motor konvensional.

Motor penggerak Gesits buatan PT Pindad – dok.Motoris

Gesits dibekali permanent magnet synchronous motor 2kW rated, 5kW peak. Semburan tenaganya mencapai 5kW atau 7,5 hp pada putaran mesin 3.600 rpm, dan torsi 30 Nm di 0-2.125 rpm.

Dengan semburan tenaga sebesar ini, skuter listrik ini mampu berakseerasi 0-50 km per jam dalam waktu 5 detik. Kecepatan puncak mencapai 70 km/jam, dengan daya jangkau 50 kilometer (km) saat menggunakan satu baterai dan 100 km ketika menggunakan dua baterai. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This