Pesan Jokowi, Ada Esemka Kabangetan Kalau Beli Produk Impor

Pesan Jokowi, Ada Esemka Kabangetan Kalau Beli Produk Impor
Presiden Jokowi melihat-lihat varian produk Esemka didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - dok.Istimewa

Boyolali, Motoris – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hanya meresmikan pabrik produsen mobil Esemka, yakni PT Solo Manufaktur Kreasi dan sekaligus meluncurkan produk perdananya, pikap Esemka Bima. Namun, di hajatan yang berlangsung di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019), orang nomor satu di RI itu juga mengutarakan optimisme dan harapannya.

Jokowi mengaku mempunyai feeling kendaraan tersebut bakal laku keras. Hal itu dia utarakan setelah melihat, mencermati, dan sekaligus merasakannya saat menguji jalan bersama Meteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, di areal seputar pabrik.

“Tadi saya sudah buka (pintu) lihat dalamnya, sudah nyoba, saya sudah tes, bagus. Memang wajib kita beli barang ini,” ungkap mantan Wali Kota Solo itu seperti dilaporkan kontributor Motoris di Solo, Bagus Afif Wijanarko, Jumat (6/9/2019).

Terlebih, harga mobil ini dinilainya juga cukup kompetitif untuk bersaing dengan produk serupa yang dijajakan merek lain di Tanah Air. Dia pun mengaku telah menanyakan soal harga itu ke para petinggi PT SMK, dan dijawab Rp 95 juta off the road atau 110 juta on the road.

Presiden Joko Widodo disupiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mencoba pikap buatan PT Esemka, yakni Esemka Bima – dok.Istimewa

“Saya melihat harganya kompetitif. Saya tanya harganya Rp 95 juta off the road. Feeling saya laku keras,” ucap dia.

Oleh karena itu, ayah dari Gibran, Kahiyang, dan Kaesang ini, berharap masyarakat membeli produk tersebut. “Kalau beli barang dari produk lain ya kebangeten, apalagi yang impor,” tandasnya.

Mobil Esemka, lanjut Jokowi, merupakan brand dengan principal lokal Indonesia. Merek itu dirintis sejak sepuluh tahun lalu oleh para teknisi dan oleh anak-anak SMK.

Adapun pikap Esemka Bima dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC yang menyemburkan tenaga hingga 72 kW dan torsi hingga 119 Nm. Dimensi ukurannya, panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. (Baw/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This